Home News Update UNISRI Kirim Tiga Mahasiswa Belajar Budaya di Thailand

UNISRI Kirim Tiga Mahasiswa Belajar Budaya di Thailand

unisri Kirim duta budaya_20150808172957530
Solo, 8/8 (BeritaJateng.net) – Univeritas Slamet Riyadi (UNISRI) Solo mengadakan kerjasama dengan Khon Kaen University (KKU) Thailand, diantaranya melakukan  kolaboration research, pertukaran dosen dan pertukaran mahasiswa. 

Dengan melakukan kerjasama Khon Kaen University (KKU) Thailand maka untuk meningkatkan hubungan baik UNISRI  mengirimkan tiga mahasiswanya yang sudah lolos sleksi  untuk melakukan kegiatan di  KKU selama sebulan mulai tanggal 10 Agustus-10 September 2015.  

Tiga mahasiswa tersebut diantaranya Mita Khrisna Murti dari Fakultas Tekhnologi dan Industri Pangan, Tri Novi Wulandari dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi PAUD dan terakhir Atsarina Luthfiyah dari Fakultas Ilmu Sosial Politik.

Ketiga mahasiswa selama mengikuti pertukaran di Khon Kaen University (KKU) Thailand akan belajar tentang budaya dan bahasa Thailand dan juga berdiskusi dengan mahasiswa dan organisasi di Thailand agar mengerti bagaimana kultur pendidikan di Thailand. 

Rektor UNISRI Rektor Unisri Prof.Dr.Ir Kapti Rahayu Kuswanto menyebutkan bahwa tahun 2015 merupakan tahunnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Karena itu pendidikan tinggi yang ada di wilayah  ASEAN diharapkan tidak ada border atau batasan dalam pendidikan di wilayah ASEAN.  

“Bahkan sebelumnya dalam pertemuan forum negara ASEAN, Unisri diberi kesempatan untuk  memberikan presentasi terkait  program-progam tentang ASEAN,” jelas Kapti Rahayu, Sabtu (8/8/2015).    

Selain bekerja sama dengan Khon Kaen University (KKU) Thailand dalam bidang budaya dan juga bahasa, pihak Universitas juga menawarkan  beasiswa S2 dan S3 bagi lulusan Unisri untuk melanjutkan kuliah di Thailand. 

Salah satu tujuan pertukaran mahasiswa ke Thailand ini salah satu tujuannya karena Thailand masuk dalam daftar peringkat tiga universitas terbaik di ASEAN ini agar mahasiswanya bisa mengambil manfaat selama sebulan di sana. 

“Bahkan Thailand adalah salah satu  negara di Asean yang dunia pendidikannya telah siap dalam persaingan di era  MEA, Jadi manfaatkan waktu menimba ilmu  sebaik mungkin selama berada di Thailand, karena bukan hanya membawa nama Unisri saja namun juga membawa nama Indonesia,” pungkasnya. (BJ24)