Home Kesehatan Unimus Gelar Seminar Kesehatan

Unimus Gelar Seminar Kesehatan

610

Semarang, 19/12 (BeritaJateng.net) – Sejalan dengan perbaikan ekonomi dan pemahaman terhadap pengaruh pangan bagi kesehatan, maka tuntutan konsumen terhadap makanan yang akan dikonsumsi tidak hanya dituntut mempunyai komposisi gizi yang baik dan cita rasa yang menarik, tetapi juga harus memiliki fungsi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sampai saat ini Program Studi Gizi sangat berkembang pesat termasuk perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pendidikan, penelitian termasuk (penelitian tentang pangan fungsional) dan pengabdian masyarakat. Hal inilah yang dibahas di dalam Seminar Nasional bertajuk ‘Pencegahan Penyakit Degeneratif Melalui Kajian Pangan Lokal Sebagai Pangan Fungsional Untuk Investasi Sehat Masa Depan’ di Hotel Grasia, Jalan S. Parman, Sabtu (19/12).

Berdasarkan penuturan dari dosen sekaligus penyelenggara, Yuliana, acara yang digelar Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) ini bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang manfaat pangan fungsional dari bahan lokal guna mencegah penyakit degeneratif. Juga memperkaya khasanah keilmuan bagi ahli gizi terutama lulusan Program Studi Gizi. Ditambah dengan mempererat tali silaturahmi civitas akademika Program Studi Gizi.

Dihadiri sedikitnya 300 peserta, diantaranya terdiri dari ahli gizi, mahasiswa D III, S1, dan S2 Gizi, alumni Gizi (Akademi Gizi Muhammadiyah Semarang dan Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Unimus) serta pemerhati Gizi dan Pangan.

Selain itu, juga mengundang narasumber ahli dibidang pangan, seperti Prof. Dr. Ir. Giyatmi dari Jakarta dengan materi, ‘Pangan Lokal Sebagai Pangan Fungsional Untuk Investasi Sehat Masa Depan’.

Ada pula Doktor Gizi Olahraga, Dr. Ali Rosidi., SKM., M.Si dengan materinya ‘Efikasi Suplementasi Ekstrak Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Robs) Terhadap Pencegahan Stress Oksidatif dan Peningkatan Kesegaran Jasmani Atlet’.

Narasumber berikutnya, Doktor dibidang Kedokteran Kesehatan) yakni Dr. Yeny Sulisyowati, SKM., M.Si.Med dengan materinya ‘Potensi Herbal Ciplukan (Physalis Angulata L) sebagai anti Hiperglikemia.

Hadir pula sebagai ‘Keynote Speaker’ Prof. Masrukhi., M.Pd membawakan ‘Aplikasi Hasil Penelitian Berbasis Pangan Lokal Sebagai Pangan Fungsional’. Sedangkan untuk tema ‘Etika Profesi Seorang Ahli Gizi’ dibawakan oleh Prof. Sulchan.

Prof. Masrukhi., M.Pd menjelaskan bahwa adanya bukti ilmiah yang menunjukkan keberadaan komponen bioaktif di dalam pangan fungsional seperti antioksidan, serat dan lainnya dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit terutama penyakit degeneratif.

“Oleh sebab itu harus dikembangkan secara terus menerus menjadi produk pangan fungsional berbasis pangan lokal,” terang Masrukhi.

Yuliana mengungkapkan jika Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Unimus telah berdiri sejak tahun 1985 dan alumni yang dihasilkan sudah lebih dari seribu orang sampai sekarang.

“Alumni kami telah banyak yang menduduki jabatan penting di dalam institusi tempat kerja bidang kesehatan,” pungkasnya. (BJT01)