Home Life Style Uniknya Motif Batik dari Aneka Peralatan Mekanik 

Uniknya Motif Batik dari Aneka Peralatan Mekanik 

733
       Semarang, 18/12 (BeritaJateng.net) – Batik biasanya identik dengan perpaduan motif tumbuhan dan hewan, namun seiring berkembangnya zaman motif batik ini menjadi semakin beragam.
       Kali ini unsur mekanik hadir dalam motif batik. Seperti gambar obeng, tang, kunci, gir dan peralatan mekanik lainnya. Tentu hal ini sangat menarik, mengingat biasanya motif batik hanya identik dengan bunga dan hewan.
         Universitas Dian Nuswantoro menghadirkan inovasi baru dalam membatik melalui sebuah acara “DinusFest” yang akan diselenggarakan Januari 2019 mendatang.
         DinusFest merupakan sebuah acara yang diadakan oleh UDINUS sebagai acara tahunan yang ditujukan kepada siswa/i SMA/K/MA di Jawa Tengah. Melalui acara Dinusfest Fakultas Teknik ikut menyemarakan dengan menghadirkan inovasi dalam kompetisi membatik kali ini.
         Uniknya fakultas teknik Universitas Dian Nuswantoro telah menyelenggarakan kompetisi ini sebanyak dua kali.
        Selain itu penggunaan kanvas sebagai media menjadi pembeda dari acara sebelumnya yang menggunakan kain mori. Penggunaan kanvas diyakini akan mempermudah peserta dalam proses mencanting.
        Acara yang akan di laksanakan pada tanggal 23 Januari 2019,  Lomba batik ini mengusung tagline “Nyengkuwung lan angkraksani kebudayaan jawi” yang mempunyai makna membantu melestarikan budaya jawa.
         “Sesuai dengan tema yang diusung tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk terus melestarikan budaya lokal di Indonesia,” ujar Andra Eka Virgiawan sebagai ketua pelaksana dalam acara tersebut.  (El)