Home News Update Undip Fokus Jadi Universitas Riset Unggulan

Undip Fokus Jadi Universitas Riset Unggulan

413

Semarang, 30/5 (BeritaJateng.net) – Universitas Diponegoro (Undip) terus melakukan sejumlah perbaikan. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah perbaharuan, mengingat Undip telah masuk 1000 World Class University.

Rektor Undip Semarang, Prof. Yos Johan Utama mengatakan bahwa Undip memiliki visi untuk menjadi Universitas Riset yang unggul. Sehingga perbaikan dari segala aspek perlu dilakukan untuk menunjang capaian tersebut.

“Kita ingin menyiapkan semua pilar-pilar untuk mencapai world class university yang lebih baik. Pertama yang kita siapkan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Seperti menambah Doktor dan Profesor di Undip ini,” ujarnya, Kamis.

“Kemudian stafff administrasi itu kualitasnya harus mampu menjadi pelayan, bahkan harus memiliki tata kelolanya kelas dunia. Makanya kita akan menyelenggarakan badan penyelenggaraan SDM tidak hanya untuk dosen tapi juga staff,” imbuhnya.

Di Bidang lain, seperti Infrastruktur, Undip kuga akan menyiapkan sarana penunjang peningkatan mutu Universitas. Salah satunya adalah peningkatan infrastruktur Laboratorium riset. “Universitas harus bisa hidup dari hasil riset. Laboratorium ini tidak bisa kita hindari lagi, Karena Universitas yang hebat labnya juga harus hebat,” katanya.

Bidang data dan tata kelola informasi juga menjadi perhatiannya dalam peningkatan mutu Undip. Dalam mengelola 53 ribu Mahasiswa, dibutuhkan pemgelolaan data dan informasi yang solid dan fleksibel.

Menurut Yos, Menjadi World Class University bukanlah capaian utamanya. Namun yang lebih penting adalah mencetak lulusan yang mampu memiliki kualifikasi di kancah Internasional.

“Hasil terakhirnya bukan pencapaian itu. Tapi bagaimana lulusan kita ini memasuki kualitas dunia. Mulai dari kepandaian, etittudenya, kulturnya,” tukasnya. (El)