Home Lintas Jateng UMK Kudus-Pemkab Jepara tanda tangani MOU pemberdayaan

UMK Kudus-Pemkab Jepara tanda tangani MOU pemberdayaan

ilustrasi

Kudus, 24/11 (BeritaJateng.Net) – Universitas Muria Kudus dan Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menandatangani nota kesepakatan di bidang pemberdayaan masyarakat.

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di auditorium UMK, Senin (24/11), dan dihadiri Bupati Jepara Ahmad Marzuqi sebagai wakil dari Pemkab Jepara sedangkan UMK diwakili oleh Rektor UMK Suparnyo.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terjalinnya kerja sama tersebut.

“Atas nama pemkab dan masyarakat Jepara, kami mengapresiasi MoU ini,” ujarnya.

Ketika pemkab membutuhkan dalam hal kegiatan tertentu atau pendampingan, dia berharap, tidak ada keberatan dalam mengulurkan bantuannya.

Demikian sebaliknya, kata dia, Pemkab Jepara juga siap membantu UMK ketika hendak menggelar kuliah kerja nyata (KKN).

Meskipun kerja sama tersebut hanya berlangsung selama dua tahun, dia tetap berharap jalinan kerja sama tersebut bisa diperpanjang kembali.

Usai penandatangan MoU, Bupati didaulat menjadi pemateri kuliah umum bertajuk “Memperkuat Karakter Meraih Generasi Emas Indonesia”.

Dalam paparannya itu, Ahmad Marzuki menekankan agar para generasi bangsa memiliki rasa bangga terhadap potensi yang ada di sekelilingnya.

“Karena tinggal di Indonesia, maka harus bangga terhadap potensi yang ada, bukan sebaliknya malah bangga dengan potensi bangsa lain,” ujarnya.

Berbagai potensi itu, menurut dia, meliputi banyak hal, baik dari sisi ekonomi, sosial, politik, budaya, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Rektor UMK Suparnyo mengungkapkan, kerja sama dengan Pemkab Jepara ini dalam rangka membangun sinergi antara perguruan tinggi dengan pemerintah terkait dan nantinya bersinergi pula dengan pihak industri.

Kerja sama tersebut, lanjut dia, segera ditindaklanjuti dengan berbagai program, khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat.

“Semua fakultas di UMK diharapkan mengambil peran, seperti bagaimana membantu mengelola potensi pariwisata yang seharusnya ditunjukkan oleh Fakultas Ekonomi,” ujarnya.

Selain dengan Pemkab Jepara, kata dia, kerja sama dengan berbagai pemkab di Keresidenan Pati juga akan dilakukan dalam waktu dekat. (ant/pri)