Home Headline Umat Muslim Jepara Menggelar Sholat Gerhana Bulan

Umat Muslim Jepara Menggelar Sholat Gerhana Bulan

Ratusan ummat Muslim di Jepara melaksanakan sholat gerhana bulan

Ratusan ummat Muslim di Jepara melaksanakan sholat gerhana bulan

Jepara, 04/04 (Beritajateng.net) –Bagi umat muslim, gerhana bulan diyakini sebagai pertanda kekuasaan Allah. Maka, jika terjadi gerhana bulan seperti pada Sabtu Malam, umat muslim disunahkan untuk menjalankan sholat gerhana bulan. 

Seperti umat muslim Dusun Surodadi, Desa Mulyoharjo, saat terjadi gerhana bulan, warga menjalankan sholat gerhana bulan secara berjamaan di mushola. Sholat gerhana bulan diberlangsung usai Sholat Maghrib, tepatnya saat gerhana bulan total.

Sholat gerhana bulan ini dikerjakan dua rokaat seperti sholat sunnah berjamaah. Usai sholat gerhana, kemudian dilanjutkan khotbah yang berisikan tentang latar belakang sholat gerhana dan keutamaan yang dikerjakan pada saat gerhana bulan.

“Sholat gerhana bulan ini sifatnya sunah. Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim, sesungguhnya Matahari dan Bulan adalah dua macam tanda –tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana Matahari atau Bulan itu bukanlah karena kematian seseorang ataukehidupannya. Maka jika kamu melihatnya, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, bersedahlah, serta bersholatlah,” tutur Ustad Supani Praktino saat menyampaikan khotbah.

Ada beberapa keutamaan yang bisa dilakukan saat terjadi gerhana bulan, yakni sholat gerhana, banyak mengucapkan ikhtifar atau memohon ampun, bersedekah, serta berdoa.

“Sholat gerhana bulan merupakan bagian dari sunah Nabi Muhammad. Selain itu pula, umat muslim diutamakan mengucapkan ikhtifar, bersedekah dan banyak berdoa,” lanjut Supani dalam kotbahnya.  

Gerhana bulan total yang terjadi Sabtu Malam, memenjadi fenomena alam dan mengundang perhatian banyak masyarakat. Selain terlihat jelas, gerhana bulan kali ini tampak berbeda dengan gerhana bulan biasanya, yakni berwarna kemerahan.(BJ18)