Home Kesehatan UKM Undip Gandeng ACT Edukasi Bencana Untuk Anak-anak

UKM Undip Gandeng ACT Edukasi Bencana Untuk Anak-anak

470
UKM Undip Gandeng ACT Edukasi Bencana Untuk Anak-anak

Semarang, 26/10 (BeritaJateng.net) – Edukasikan siaga bencana sejak dini Divisi Komunikasi UKM Peduli Sosial Undip menggendeng anggota Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajarkan simulasi penanganan terjadi bencana kepada anak-anak di SDN Gedawang 01 Banyumanik Semarang.

Intan Novita Widyastuti selaku Ketua acara menjelaskan jika sekolah kebencanaan merupakan salah satu edukasi dini bagi anak-anak jika terjadi suatu bencana, agar mereka mendapatkan ilmu atau pendidikan tentang penanganan dan penyelamatan saat bencana.

Acara bertemakan ‘Edukasi Siaga Bencana Sejak Dini’ merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun, dan kali ini merupakan yang kedua mereka adakan untuk memberikan pengetahuan bencana bagi anak usia dini.

“Dengan tema yang diusung Edukasi Siaga Bencana Sejak Dini bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) diharapkan ketika terjadi bencana melalui simulasi yang sering dilakukan dan menjadi kebiasaan maka akan menciptakan perilaku yang cerdas, cepat, dan tanggap untuk anak-anak saat terjadi bencana,” ungkapnya.

Lanjutnya, acara ini tak hanya memberikan edukasi bencana saja, namun terdapat beberapa rangkaian yaitu: senam bersama, pemutaran video dan pembacaan dongeng, edukasi simulasi tanggap bencana, dan ditutup dengan pembagian susu gratis.

Sebanyak 44 anak kelas 3 Sekolah Dasar menjadi peserta acara ini. Pihak sekolah pun antusias saat acara ini berlangsung.

“Acaranya sudah bagus, dapat memberikann edukasi kepada anak-anak SD Gedawang 01 jadi mereka lebih paham jika terjadi bencana, anak-anak SD disini juga senang saat diberi materi tanggap bencana dari UKM Peduli Sosial Undip karena mereka tidak hanya mendapat materi tanggap bencana tetapi juga diajak bermain dengan adanya simulasi yang diberikan,” ujar Umi Nurhayati selaku wali kelas di SDN Gedawang 01 Banyumanik. (BJ)