Home News Update UKKI UPGRIS Gelar Kuliah Tambahan Untuk Perdalam Ilmu Agama Mahasiswa

UKKI UPGRIS Gelar Kuliah Tambahan Untuk Perdalam Ilmu Agama Mahasiswa

IMG_20150930_111641

Semarang, 30/9 (BeritaJateng.net) – Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) mengadakan kuliah tambahan di Masjid Nurul Huda. Mereka aktif dalam menghadiri kuliah tambahan yang diisi oleh pemateri Ust. Ari Purbono, Rabu (30/9).

Hal tersebut rutin dilakukan dan diperuntukkan untuk mahasiswa. Kegiatan diawali dengan tilawah bersama (tadarus al qur’an) kemudian dilanjutkan dengan inti materi. Pada kesempatan tersebut, ust. Ari menyampaikan berbagai hikmah tentang arti kesadaran dalam kehidupan. Salah satunya adalah tentang ujian.

Ust. Ari mengatakan bahwa pada hakekatnya hidup adalah ujian. Hal yang perlu disadari oleh setiap manusia adalah bahwa ujian terberat yang ditimpakan Allah kepada hambaNya ialah Al Anbiya (para nabi) dan para salafus sholih.

“Jadi jangan pernah merasa mengalami ujian paling berat, karena sedikitpun belum menyamai mereka, kita memang bukan nabi, tapi diminta untuk meneladani nabi,” tuturnya.

Bahkan nabi Ayub pun tak pernah mengeluh lantaran ujian penyakit kulit yang sedang dideritanya. Tak tanggung-tanggung, hilangnya seluruh harta dan keluarga serta tubuh yang membusuk sedikitpun tidak membuat ketaatan nabi Ayub menurun. Yang lebih dahsyat, nabi Ayub tidak sibuk meminta kesembuhan kepada Allah, namun meminta agar tetap istiqomah.

“Beda sekali dengan kita yang disuruh meneladani nabi tetapi justru mendramatisasi secuil persoalan, suka membesar-besarkan masalah kecil, dan yang lebih parah mengumumkan di dunia maya seolah kitalah yang paling menderita di dunia, padahal sedikitpun tidak,” imbuhnya.

Kurangnya ilmu dan kesombongan diri menjadikan manusia semakin tidak tahu diri, merasa paling benar. Semoga kita terlindung dari sikap-sikap lemah yang selalu menghantui diri.

“Itulah hikmah kisah yang didapat, dan masih banyak hikmah dari kisah-kisah teladan yang belum kita ketahui, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, aamiin,” tutup Ust. Ari.

Saad Konaah, mahasiswa Pendidikan Matematika 2014 mengaku mengikuti kuliah tambahan yang diadakan oleh UKKI setiap hari rabu sangat bermanfaat karena banyak ilmu yang bisa kita ambil.

Putri, mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2015 juga merasa setelah mengikuti Kuliah tambahan menjadi lebih semangat karena materinya bagus dan menginspirasi. (BJT01)