Home Headline Uji KIR di Semarang Manfaatkan Teknologi dari Ipad Hingga Alat Robotic

Uji KIR di Semarang Manfaatkan Teknologi dari Ipad Hingga Alat Robotic

214
Headlight tester robotic, salah satu alat canggih yang dimiliki Dinas Perhubungan Kota Semarang untuk membantu proses Uji KIR

Semarang, 3/5 (BeritaJateng.net) РDinas Perhubungan Kota Semarang menggunakan teknologi headlight tester robotic dalam melakukan uji kir kendaraan khususnya pada lampu.

Teknologi ini diterapkan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Alat yang dapat membaca kondisi semua jenis lampu kendaraan ini dikenalkan oleh Dishub Kota Semarang tepat pada momentum peringatan HUT Kota Semarang ke-472, Kamis (2/5).

Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik mengatakan, alat tersebut didatangkan langsung dari Spanyol. Menurutnya, lampu kendaraan sangat vital khususnya pada malam hari.

Oleh karena itu, kondisinya harus memenuhi standar. Dengan alat ini, lampu kendaraan dapat dicek secara otomatis dan tidak bisa direkayasa.

“Kalau lampunya tidak memenuhi syarat alat akan langsung muncul warna merah, tapi kalau bagus muncul warna hijau, jadi hasilnya langsung bisa didapatkan,” paparnya.

Selain menggunakan teknologi headlight tester robotic, lanjut Khadik, peralatan yang digunakan dalam pengujian kir juga sudah dikalibrasi untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tepat.

Dalam uji kir, Dishub juga mengecek item seperti penandaan baik lampu, emisi gas buang, wiper, tekanan gas buang dan lainnya menggunakan aplikasi yang hasilnya langsung tercatat dalam sistem server.

Pelayanan inovasi lainnya yakni saat ini pendaftaran uji kir juga sudah bisa dilakukan secara online.

Menurut Khadik, upaya-upaya tersebut dilakukan guna mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Saat ini rata-rata pelayanan uji kir untuk satu kendaraan sekitar 10 menit. Adapun dalam satu hari, Dishub dapat melayani rata-rata 300 hingga 400 kendaraan.

“Ramai biasanya kalau pada hari pertama setelah liburan dan pada hari Senin. Kami punya aplikasi yang membantu masyarakat bisa tahu berapa hari ini yang akan diuji, berapa yang sudah diuji, sehingga bisa memperkirakan antrean di sini,” jelasnya.

Rencana kedepan, Khadik membeberkan, akan membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) khusus menangani pengujian kelayakan kendaraan.

Hal ini agar pengujian kendaraan semakin mandiri dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti UPTD Trans Semarang.

Selain memperkenalkan teknologi headlight tester robotic, bertepatan pada HUT Kota Semarang ke-472 ini, Dishub Kota Semarang melalui UPTD Trans Semarang juga meluncurkan aplikasi Trans Semarang. (El)