Home Headline Turunkan 10 Alat Berat Keruk Sendimentasi Drainase Tlogosari

Turunkan 10 Alat Berat Keruk Sendimentasi Drainase Tlogosari

233
0
sebuah alat berat melakukan pengerukan di saluran air yang ada di Kecamatan Semarang utara. Foto/Bj05

SEMARANG, 10/3 (BeritaJateng.net) – Berbagai upaya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang untuk mengantisipasi banjir di wilayah Tlogosari.

Saluran Tlogosari yang terkoneksi dengan Kali Tenggang dilakukan pengerukan yang ditargetkan selesai sampai dua hingga tiga bulan ke depan.

“Kami sudah memperbaiki saluran sekunder dan tersier untuk mengantisipasi banjir di Tlogosari dan wilayah timur lainnya,” tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang Iswar Aminuddin.

Pengerukan dilakukan dari 80 cm menjadi 60 cm. Pengerukan sudah berlangsung dengan menurunkan 10 kendaraan alat berat truk bego.

Dikatakannya, selama ini penyebab banjir daerah Tlogosari karena saluran air tidak normal karena tertutup oleh jalan. Banyak warga yang menutup saluran air sehingga air tidak bisa mengalir dan menjadi penyebab banjir.

Selain dilakukan pengerukan, jalan yang kurang tinggi akan ditinggikan oleh DPU. Seperti di jalan Truntum. Melanjutkan peninggian jalan yang sudah dilaksanakan di daerah Dempel, Muktiharjo Lor dan lainnya.

”Peninggian jalan kita lakukan utamanya di daerah yang jalannya kurang tinggi seperti di Truntum,” katanya.

Pihaknya berharap upaya warga juga penting untuk mengantisipasi banjir di Tlogosari. Jangan sampai pemerintah bekerja sendiri sementara warga abai terhadap upaya yang dilakukan Pemkot Semarang.

“Banyak warga yang menutup saluran air untuk dijadikan jalan masuk. Sehingga banjir sering terjadi karena air yang semestinya mengalir lancar ke saluran justru menggenang ke jalanan. Kami berharap peran serta warga untuk tidak menutup saluran air,” harapnya. (El)