Home Lintas Jateng Tujuh Kecamatan Di Pekalongan Rawan Banjir

Tujuh Kecamatan Di Pekalongan Rawan Banjir

(dok.)

Pekalongan, 14/11 (BeritaJateng.Net) – Sedikitnya tujuh kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Jateng, rawan banjir sehingga masyarakat diimbau waspada terhadap bencana alam tersebut meski intensitas hujan masih tergolong rendah.

Kepala Seksi Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pekalongan Agus Arifin, Jumat (14/11), mengatakan tujuh kecamatan yang rawan banjir, yaitu Tirto, Wonokerto, Buaran, Wiradesa, Siwalan, Sragi, dan Kesesi.

“Mendekati musim pancaroba, kami minta masyarakat dapat mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir. Antisipasi ini penting sebagai upaya mengurangi maupun mencegah dampak yang tidak diinginkan bersama,” katanya.

Selain tujuh kecamatan, pemkab juga memetakan Kecamatan Kedungwuni sebagai daerah rawan banjir bandang karena wilayahnya berada tepat di sepanjang aliran Sungai Sengkarang.

“Jika musim hujan, aliran Sungai Sengkarang akan meluap dan luapan air akan membanjiri sebagian wilayah Kecamatan Kedungwuni,” katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi bencana banjir, warga diminta menggiatkan kerja bakti penggerukan lumpur di sungai, menyingkirkan sampah-sampah dari sungai dan perbaikan tanggul yang jebol maupun perbaikan pintu air yang rusak.

“Kami mengapresiasi masyarakat yang memulai antisipasi bencana sejak dini. Kami juga siap membantu masyarakat yang mau melakukan kerja bakti,” katanya.

Selain itu, pemkab menyiapkan bantuan berupa logistik, seperti beras, mi instan kepada masyarakat yang melakukan kerja bakti di daerahnya sebagai antisipasi bencana.

“Masyarakat harus mulai waspada bencana, khususnya banjir di pada saat hujan. Kami siap membantu masyarakat yang melakukan kerja bakti antisipasi bencana itu,” katanya. (ant/pri)