Truk Pengangkut Motor Pemudik Tiba di Terminal Tirtonadi

SOLO, 1/7 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 6 truk pengangkut ratusan motor milik pemudik yang mengikuti program mudik gratis dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tiba di Terminal Tirtonadi Solo, Jumat (1/7/2016). Saat ini kendaraan milik pemudik yang berangkat belakangan ini diparkir di sebelah timur terminal Tirtonadi.

Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Eko Agus Susanto mengatakan ini baru gelombang pertama yang tiba. Masih ada truk lain yang akan tiba sebab Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 28 truk yang tiap truknya berisi 46 sepeda motor.

“Pemiliknya diperkirakan nanti malam baru tiba. Ini kendaraanya yang tiba terlebih dahulu,” jelas Eko di Solo, Jumat (1/7/2016).

Sementara itu Kepala Dishibkominfo Solo, Yosca Herman mengatakan program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan selama arus mudik dan balik lebaran.

“Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memfasilitasi mudik gratis ini bagi warga yang akan mudik ke wilayah Jawa Tengah khususnya eks Karesisenan Surakarta dan sekitarnya,” terang Yosca.

Kendaraan sudah tiba lebih dulu, baru pemilik kendaraan baru tiba di Solo Sabtu (2/7/2016) besok menggunakan bus dan turun di terminal Tirtonadi. Penumpang mudik gratis, lanjut dia, akan diturunkan di Terminal Tirtonadi selanjutnya menuju wilayah tujuan masing-masing.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan memberikan fasilitas angkut gratis kendaraan kembali ke Jakarta. Bagi pemudik yang akan balik lagi ke Jakarta langsung mendaftar kembali saat pengambilan sepeda motor.

Sementara itu diprediksi, puncak mudik lebaran akan terjadi pada Jumat-Minggu (1-3/7) mendatang. Perhitungan pemudik yang masuk kota Solo perharinya mencapai 25.000 orang

Data dari UPTD Terminal Tirtonadi pemudik yang turun di Terminal Tirtonadi dalam dua hari saja dari tanggal 29-30 Juni 2016 mencapai 47.813 penumpang. (Bj24)

Tulis Komentar Pertama