Home Headline Truk Muat Kayu Jati Ditangkap Polisi

Truk Muat Kayu Jati Ditangkap Polisi

Ilustrasi

Kayu Jati Illegal

Kudus, 16/1 (BeritaJateng.net) – Polsek Jekulo Kudus berhasil mengamankan truk bermuatan kayu jati yang tidak dilengkapi dokumen resmi di jalan Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo Kudus.

Selain mengamankan truk bernomor B 9432 PC beserta muatannya, polisi juga menahan tiga orang yakni sopir Sagiyono (55) serta dua orang yang saat itu berada didalam truk yakni Sukarno (33) dan Nurhadi Kasiyan (28) ketiganya asal Desa Terban, Kecamatan Jekulo.

Kapolsek Jekulo Kudus, AKP Mardi Susanto mengatakan, penangkapan tersebut bermula dari informasi masyarakat. Dari laporan tersebut, pihaknya menerjunkan anggota Reskrim untuk melakukan penangkapan.

”Penangkapan ini bermula adanya informasi dari masyarakat akan ada truk bernomor polisi B 9432 PC membawa kayu jati illegal akan lewat di jalan Desa Bulungcangkring, dari laporan itu kemudian kita terjunkan anggota untuk melakukan penangkapan,” terangnya, Jum’at.

Lebih kapolsek mengatakan, hasil pemeriksaan di lokasi pencegatan, kayu yang dimuat diatas truk tersebut memang tidak dilengkapi dokumen yang sah. Tanpa menunggu lama, truk berikut kru nya digelandang ke Mapolsek Jekulo untuk proses hukum lebih lanjut.

“Hasil pemeriksaan sementara, kayu sebanyak 42 batang dengan diameter bervariasi tersebut adalah milik Sukarno dan Nurhadi Kasiyan. Sedangkan asal kayu masih dalam penyelidikan karena dua pemiliknya tidak mengetahui asal muasal kayu,” tuturnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal pasal 83 ayat (1) huruf b UU nomor 18 tahun 2013 dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp2,5 miliar. (BJ12)