Home Headline Triyono Akan Perkuat Ekonomi Kerakyatan Untuk Tekan Angka Kemiskinan

Triyono Akan Perkuat Ekonomi Kerakyatan Untuk Tekan Angka Kemiskinan

163
0

SEMARANG, 11/8 (Beritajateng.net) – Mantan Bupati Purbalingga, Triyono Budi Sasongko akan memperkuat sektor Ekonomi Kerakyatan guna mengatasi problem kemiskinan yang saat ini menjadi persoalan utama di Jawa Tengah. Angka kemiskinan Jateng saat ini mencapai 13 persen lebih dan menempati posisi kedua terbawah di Indoneaia.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Triyono pada saat mengembalikan formulir pendaftaran balon cawagub di DPD PDI perjuangan Jawa Tengah, Panti marhaen, Semarang, Kamis (10/8).

“Kunci mengatasi kemiskinan itu adalah kalau rakyatnya punya penghasilan, bagaimana mau gak miskin, penghasilan gak punya mau makan aja gak bisa,” ungkapnya.

Triyono mengkritik kebijakan pembangunan yang saat ini dijalankan, dimana infrastruktur menjadi prioritas namun sektor pemberdayaan ekonomi dilupakan.

“Buat apa jalan jalan di kampung mulus, bagus tapi setengah penduduk desa itu tidak memiliki pekerjaan,” katanya.

Pendekatan di bidang ekonomi kerakyatan bisa dilakukan dengan berbagai cara terutama meningkatkan kapasitas pekerjaannya.

“Yang semula bekerja di sektor informal menjadi formal, yang sudah di sektor formal bagaimana agar lebih kuat lagi,” bebernya.

Dalam uraian mengenai biodata pria yang pernah menjabat sebagai pj Gubernur Kalimantan Utara ini, terungkap segudang pengalaman di jajaran birokrasi pernah dia alami. Terakhir menjadi Bupati Purbalingga dua periode serta menjabat sebagai pj gubernur. Namun demikian Triyono tidak mendaftar sebagai balon cagub bukan cagub. Dia mengaku faktor kemampuan menjadi pertimbangan utama.

“Selain itu, kami ingin berpolitik dengan etika yang baik. Menghargai para senior yang lebih mampu daripada saya,” ucapnya.

Triyono pun makin mantap maju sebagai bacawagub karena dari survei yang dilakukan Juni lalu, elektabilitasnya menduduki peringkat 2 di Jateng. “Itu semua tidak lepas dari dukungan partai,” cetusnya

(NK)