Home Ekbis Transformasi Bisnis Perusahaan IT, Mulai Berkembang dan Jadi Incaran Pekerja  

Transformasi Bisnis Perusahaan IT, Mulai Berkembang dan Jadi Incaran Pekerja  

117
0
       Semarang, 31/7 (BeritaJateng.net) – Perusahaan berbasis teknologi informasi kini tengah naik daun. Bahkan, perusahaan tersebut menjadi favorit para pencari kerja terutama fresh graduate. Posisinya menggeser perusahan-perusahaan retail. Hal itu bisa dilihat dari munculnya puluhan bahkan ratusan start up yang menjadi opsi baru bagi para pencari kerja.
         Perkembangan zaman juga ikut mempengaruhi dimana saat ini telah menjadi apa yang disebut technology minded. Teknologi informasi tidak lagi hanya menjadi alat bantu perusahaan, tapi bahkan menjadi modal utama dalam proses bisnis. Karena itu, kini masyarakat banyak mengenal usaha berbasis IT seperti fintech, e-commerce, hingga transportasi online.
        General Manager of ICT Strategic PT Semen Indonesia (Persero) Ilmanza Restuadi Kurniawan mengungkapkan, pihaknya memiliki PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) yang merupakan mitra strategis dalam pemenuhan solusi IT sekaligus pendukung transformasi bisnis.
         SISI merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang bergerak di bidang IT. Dengan usia yang baru menginjak tahun ke-4, SISI sudah melebarkan sayapnya ke BUMN dan private company.
         SISI memiliki fokus bisnis yang cukup berbeda dari perusahaan IT lainya. Selain menangani konsultasi IT, managed service, dan beragam solusi aplikasi, perusahaan dengan visi simplify business and life ini bercita-cita untuk terus berinovasi dan menciptakan best practice IT. Kemudahan bisnis dan kehidupan masyarakat menjadi fokus utama perusahaan.
         Tidak takut bersaing dengan perusahaan IT nasional lain yang telah berusia puluhan tahun, SISI optimistis akan dapat membantu dan mengawal pertumbuhan bisnis perusahaan BUMN dan private company di Indonesia.
        Selain SISI, di negeri ini sebenarnya ada perusahaan IT yang lain. Dua diantaranya yakni Telkom dan Agit. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.
        Memiliki visi Be the King of Digital in the Region, bisnis Telkom terus berkembang dan tumbuh pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya anak-anak usaha pada fokus bidang teknologi informasi seperti telkomsigma, telkomtelstra, dan lainnya.
        Lahir pada 1965, Telkom terus berusaha mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan berbagai inovasi dan memenuhi kebutuhan pasar.
Sementara Agit (Astra Graphia Information Technology) adalah penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi yang berdiri sejak 1976. Anak usaha PT Astra Graphia, Tbk. (Astragraphia) ini memiliki focus bisnis implementasi SAP hingga integrasi sistem dan proyek outsourcing.
          Astragraphia adalah penyedia solusi bisnis berbasis TI dengan Fuji Xerox sebagai mitra utamanya. Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI: ASGR) pada 1989, Astragraphia memiliki 75 titik layanan yang tersebar di 21 cabang di seluruh Indonesia. (El)