Home Ekbis TPKS Sambut Baik Reaktivasi Jalur KA ke Palabuhan

TPKS Sambut Baik Reaktivasi Jalur KA ke Palabuhan

GM TPKS Iwan Sabatini (kiri).Foto/Bj04
GM TPKS Iwan Sabatini (kiri).Foto/Bj04
GM TPKS Iwan Sabatini (kiri).Foto/Bj05

Semarang, 21/1 (beritajateng.net) – Terminal Peti Kemas Semarang atau TPKS menyambut baik rencana reaktivasi rel KA menuju pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Dengan pengaktifan kembali jalur tersebut diharapkan dapat memperlancar proses pengiriman peti kemas.

General Manager TPKS, Iwan Sabatini mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan pengurukan jalur rel kereta api setinggi satu koma lima meter dari titik terendah. Pengurukan dilakukan karena jalur kereta barang tersebut tergenang air sehingga menyebabkan kondisi jalur tersebut tidak bisa dipakai.

Menurutnya, proses pengerukan tersebut sudah dibicarakan dengan PT KAI sebab jalur yang sudah ada sejak 2002 sudah tenggalam.

Terkait investasi, TPKS mengaku tidak ada investasi untuk proyek tersebut, sebab jalur rel kereta api tersebut murni investasi dari PT KAI dan Kementrian Perhubungan. Apabila rel tersebut sudah dioperasionalkan tentunya pihak TPKS menyediakan sejumlah peralatan untuk mempercepat bongkar muat peti kemas ke kereta api.

Sementara itu, Humas PT KAI Daop IV Jateng Suprapto menjelaskan, untuk pembangunan fisik rel menjadi kewenangan satuan kerja kereta api Jateng.

Menurutnya, tahun 2015 pengoperasionalan jalur KA menuju pelabuhan akan direalisasi, jalur rel sepanjang kurang lebih 3 kilometer pengerjaannya meliputi jalur existing yakni mengaktifkan jalur yang sudah ada dan membangun rel baru.

Ia mengatakan, untuk persiapan jalur tersebut di tahun 2014 memiliki 150 lokomotif dan 1200 gerbang plat dasar untuk barang. (bj05)