Home Ekbis TPKS Capai Season Tertinggi Hingga 32.808 Box atau 54.263 TEU

TPKS Capai Season Tertinggi Hingga 32.808 Box atau 54.263 TEU

Aktivitas bongkar muat di TKPS Semarang
Aktivitas bongkar muat di TKPS Semarang
Aktivitas bongkar muat di TKPS Semarang

Semarang, 6/5 (BeritaJateng.net) – Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) pada bulan April 2015 lalu menjadi bulan dengan capaian tertinggi dibanding dengan capaian tiga bulan sebelumnya, hal ini disampaikan Edy Sulaksono, Manager Operasi TPKS dan juga Plh. General Manager Terminal Peti Kemas Semarang, Rabu (6/5).

“Sebagai Container Terminal Operator, TPKS berhasil melakukan container handling sebanyak 32.808 Box atau 54.263 dalam hitungan TEU (Twenty feet Equivalent Unit). Lebih tinggi dari capaian bulan Januari-Maret 2015 yang berturut-turut sebesar 52.308, 47.759, dan 51,397 TEU,” ungkapnya.

Dari angka capaian April 2015 tersebut, Lanjutnya, terdiri atas komposisi handling 37,7 persen petikemas ekspor, 60,4 persen petikemas impor dan 1,9 persen arus petikemas dari perdagangan domestik dari dan ke Semarang dan sekitarnya melalui TPKS.

Edy mengatakan bahwa capaian tinggi ini memang sudah jadi trend tahunan, tapi memang pada April tahun ini TPKS capai produksi tertinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“TPKS secara umum memang selalu mengalami high season di sekitaran bulan April dan Mei tiap tahunnya,” jelas Edy.

Menurut Edy, kenaikan produksi handling petikemas pada bulan April kemarin lebih dikarenakan adanya peningkatan dari nilai total impor komoditas Kedelai.

Sementara itu, Purwanto Wahyu selaku Asisten Manager Operasi Terminal mengatakan bahwa high season TPKS yang terjadi bersamaan dengan curah hujan yang tinggi di kota Semarang ini, pelayanan operasional 24 jam per 7 TPKS tetap bisa terjaga dan terkendali dengan baik, container handling, receiving and delivery process lancar.

“Ini terbukti produksi mencapai titik tertinggi di April dan TPKS juga zero accident,” kata Purwanto.

Asisten Manager Perencanaan Operasi TPKS, Oko Putra Prasetya menjelaskan bahwa terkait dengan pelayanan prima kepada para pengguna jasa, TPKS sedianya mulai Juni 2015 ini akan melaksanakan trial dari pelaksanaan Job Order Online.

Para pengguna jasa TPKS tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke kantor TPKS untuk mengajukan permohonan pelayanan handling petikemas ekspor, impor dan domestik.

“Cukup dengan melakukan login di website tpks.co.id, sesuai dengan ID akun dan password yang telah diberikan, para pengguna jasa TPKS bisa melakukan input data dan permohonan handling petikemas secara real-time, dan tidak terbatas waktu karena bisa 24/7,” tutur Oko Putra. (BJ06)