Home Ekbis TPID Jateng Pakai Smartphone Untuk Pantau Komoditas Harga

TPID Jateng Pakai Smartphone Untuk Pantau Komoditas Harga

IMG-20150629-WA0010

Semarang, 29/6 (BeritaJateng.net) – TPID Jateng luncurkan sistem pengendali lonjakan harga komoditas berbasis android, sehingga lonjakan berbagai komoditas bisa cepat terpantau dan diantisipasi.

Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah Iskandar Simorangkir mengatakan, menjelang perayaan Lebaran pergerakan harga komoditas kebutuhan masyarakat terus dipantau. Sehingga tidak sampai terjadi lonjakan harga cukup tinggi dan memberatkan masyarakat.

Oleh karena itu, lanjut Iskandar Simorangkir yang juga Kepala Bank Indonesia Kanwil Jateng-DIY tersebut, diluncurkan protokol manajemen pengendali lonjakan harga.

“Sistem itu bekerja dengan perangkat gawai berbasis android. Sehingga para pengambil kebijakan bisa segera bertindak ketika satu komoditas harganya naik sebesar 10 persen selama tiga hari berturut-turut,” ungkapnya.

Dengan mengetahui pergerakan harga komoditas secara langsung, lanjut Iskandar, maka pemerintah sebagai pengambil kebijakan bisa segera bertindak. Salah satunya adalah melakukan operasi pasar untuk menurunkan harga komoditas tertentu yang sedang mengalami lonjakan. (Bj23)