Home Ekbis TPFT Percepat Arus Keluar Masuk Barang di Tanjungemas

TPFT Percepat Arus Keluar Masuk Barang di Tanjungemas

image
Kepala KSOP Pelabuhan Tanjungemas Semarang Carolus G Sangaji meresmikan TPFT. Foto/Elly

Semarang, 9/1 (beritajateng.net) – PT. Pelabuhan Indonesia Pelindo III (Persero) Tanjung Mas mulai membuka Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) untuk mempercepat kelancaran arus pengeluaran barang dari dan menuju terminal peti kemas.

Proses pemeriksaan komoditas ekspor dan impor oleh petugas Bea Cukai dan Balai Karantina dilakukan secara terpadu dalam satu tempat.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Mas Semarang, Carolus Sangaji mengatakan, TPFT sudah menjadi kebutuhan, dengan adanya TPFT diharapkan pemeriksaan dokumen dan barang bisa berlangsung efektif, efisien, cepat dan murah.

Menurutnya, dengan adanya TPFT juga dapat mempercepat kinerja petugas guna mengurangi dualing time yakni jangka waktu kargo keluar dari gudang.

Sementara itu, General Manager Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Iwan Sabatini menjelaskan, pihaknya sebagai institusi yang memfasilitasi TPFT, fasilitas tersebut. Ditempatkan disalah satu gudang kawasan Pabean yakni Gudang CSF di Areal Container Yard (CY) 03.

Ia menambahkan, bongkar muat di TPKS pada tahun 2014 kemarin mencapai 576 ribu teus atau meningkat 15 persen dibanding tahun 2013. “Untuk tahun ini optimis akan ada peningkatan 10 hingga 15 persen,   hal ini dapat dilihat dari banyaknya bongkar muat semua komoditas. Terutama komoditas mesin industri yang merupakan dampak dari relokasi industri ke Jawa Tengah,” paparnya.

Menghadapi hal tersebut, pihaknya akan membangun perpanjangan dermaga dan perluasan lapangan penumpukan serta menambah 10 unit kendaraan trail untuk mengangkut barang, “Diharapkan pada triwulan III 2015 sudah selesai,” lanjutnya. (BJ05)