Home Lintas Jateng Tol Soker Dibuka Banyak Pemudik Masih Kebingungan

Tol Soker Dibuka Banyak Pemudik Masih Kebingungan

123
0
Tol Soker Klodran-Sragen mulai dibuka, namun hanya untuk kendaraan kecil.

SOLO, 3/7 (BeritaJateng.net) – Arus mudik yang melintas di wilayah Surakarta pada lebaran kali ini  bisa menghemat waktu tempuh lumayan banyak. Pasalnya  ruad jalan tol Solo-Kertosono (Soker) sudah mulai untuk jalan alternatif arus mudik lebaran, sejak hari Rabu (29/6) lalu.

Namun ruas jalan tol sepanjang 25 kilometer ini hanya dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Dan itu juga hanya diberlakukan satu jalur yang masuk dari pintu tol Klodran menuju arah Jawa Timur yang keluar melalui pintu tol pungkruk Sragen.

Direktur Utama (Dirut) PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), David Wijayatno beberapa waktu lalu menyampaikan tol siap digunakan sebagai jalur alternatif mudik lebaran. Pelaksana proyek jalan tol  juga mendirikan dua pos pengawasan yakni pos A  dan pos B. Masing-masing pos dijaga tim gabungan dari Satlantas, Dishubkominfo, PT SNJ, PT Wijaya Karya (WK), PU Bina Marga dan flagmen.

“Pemasangan rambu sudah di lakukan meski belum maksimal, hanya kendaraan kecil yang bisa melintas dengan kecepatan 40 km/jam. Dan waktubbuka tol hanya sampai jam 18.00 WIB karena lampu penerangan belum dipasang,” jelas David.

Selain itu, pihak PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) juga berkerja sama dengan pihak-pihak terkait juga menyiapkan satu unit ambulans, dua kendaraan derek, tiga mobil patroli daro SNJ dan Satlantas, ditambah alat komunikasi.

Di sepanjang tol  PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) juga melengkapinya dengan fasilitas toilet yang berlokasi di Klodran, Masaran dan Sragen.

“Kita juga berkoordinasi dengan rumah sakit, yakni RS Indo Sehat di Karanganyar dan RS PKU Muhammadiyah di Sragen,” lanjut David.

Pantauan Beritajateng.net di pintu masuk tol Soker Klodran, Minggu (3/7/2016) pagi, mayoritas kendaraan melewati jalur alternatif mudik Lebaran tersebut dari arah barat dan sudah didominasi plat nomer kendaraan dari luar kota.

Minimnya rambu penunjuk jalan dari arah Solo membuat sejumlah pengemudi dari luar kota kebingungan. Beberapa kendaraan pemudik masih ragu-ragu untuk berbelok masuk ke ruas jalan tol yang sengaja dibuka sebagai jalur alternatif menuju arah Jawa Timur. (Bj24)