Home Headline TNI – Perhutani Tanam Porang Bersama LMDH Sumber Rejeki Jukung

TNI – Perhutani Tanam Porang Bersama LMDH Sumber Rejeki Jukung

256

REMBANG, 06/01 (BeritaJateng.net) – Kesatuan Pemangkuan Hutan Mantingan (KPH) Mantingan bersama Kodim 0720/Rembang dan Lembaga Masyarakat Desa (LMDH) Sumer Rejeki Jukung tanam porang di petak 13c1 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Mantingan, Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebon.

Diawali apel dalam penanaman itu dihadiri oleh Asisten Perhutani (Asper) Kebon Hari Juli Prihartanto ,Komandan Rayon Militer (Koramil) Bulu Kapten Infantri Budi Susanto,Kepala RPH Mantingan Wiwid ,Ketua LMDH Sumber Rejeki H Zaennudin dan Mandor Tanam serta anggota dari Koramil Bulu dan angggota LMDH setempat.

Dalam Sambutannya Administratur (Adm) KPH Mantingan Widodo Budi Santoso melalui Asper Kebon BKPH Hari Juli Prihartanto mengatakan demplot pertama ini hanya sisediakan di petak 13 c1 luasnya sekitar 17.7 hektar.

“Dalam kawasan hutan di petak 13 c1 ini kelihatannya cocok untuk demplot Tanaman Porang, tinggal persiapkan bibitnya saja. 1 hektar bisa memuat 40 ribu plances porang,”jelasnya.

Tamanan porang ini sangat menjanjikan, lanjut Widodo panggilan familier Adm. mantingan, menurutnya, pabrik porang yang sudah berdiri ada sekitar 20 di Indonesia. Jadi tidak perlu takut dalam memasarkan hasil panennya.

Ia juga menambahkan dengan adanya demplot porang di petak tersebut, tentunya sangat bermanfaat untuk keamanan bagi petak-petak yang telah ditanami porang.

Disamping itu tanah di petak 13 c1 ini banyak ditumbuhi iles-iles (makanan ular) dan kelihatan subur.

“Petak 13 c1 ini, tanaman tahun 2009 dan sudah rindang. cocok untuk tanaman dibawah tegakan. saya juga titip kepada kawan-kawan dari Koramil Bulu untuk ikut mengamankan di petak-petak yang menjadi demplot porang.”pintanya.

Sementara itu Dandim 0720/ Rembang Letkol Inf. Donan Wahyu Sejati melalui Danramil Bulu Kapten Inf. Budi Susanto sangat mengapresiasi kepada Perhutani Mantingan yang telah memberikan izin untuk Demplot tanaman porang.

“Saya apresiasi kerjasama ini, pada tahap awal hari ini kita akan tanam 1000 plances dari rencana 5000 plances. “katanya.

Untuk bibit,lanjut Danramil stoknya sudah mencukupi. Ia mengakjak mitranya Perhutani LMDH Sumber Rejeki yang juga menyuplai bibit untuk demplot hari ini.

“Tanaman porang prospeknya sangat cerah. dari hasil pengamatan kami tanaman porang ini dibutuhkan banyak sekali, sedangkan produksi porang amat sangat minim sekali,”imbuhnya.

Porang juga menjadi tanaman altrenatif dan sangat menjanjikan bagi petani. Hasil per hektar jika dihitung, dua musim bisa menhsailkan rata-rata 2kg/batang dan rata-rata perhektarnya ditanami 40 ribu batang/plances mampu ini mampu menghsailkan 80 ton umbi porang. Sedangkan harga Porang per kilogramnya mencapai Rp. 12.000.

Disisi lain ketua LMDH Sumber Rejeki H Zaennudin memberikan nilai plus kepada Perhutani karena pihaknya, sebagai mitra kerja dalam pengelolaan kawasan hutan ikut dilibatkan.

“LMDH kami juga diberikan kepercayaan untuk memasok bibit porang dalam demplot yang dikerjakan oleh Kodim 0720/ Rembang bersama dengan Perhutani dan masayarakat dukuh Jambean, desa Jambean, Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang,” ucapnya.

Untuk bibit demplot harga per batang kisaran Rp. 350 sampai Rp. 400,- tentunya bagi LMDH Sumber Rejeki sangat beruntung dapat pesanan bibit untuk tahap pertama ini ada 5.000 batang.

“Kami punya stok 20.000 batang. Semoga tanaman ini menjadi cikal bakal suksesnya budidaya tanaman porang di Kabupaten Rembang,” tutupnya. (Her/El)