Home Lintas Jateng TNI Harus Sigap dan Tanggap Tanggulangi Bencana Alam

TNI Harus Sigap dan Tanggap Tanggulangi Bencana Alam

48
0
TNI Harus Sigap dan Tanggap Tanggulangi Bencana Alam

Salatiga, 12/9 (BeritaJateng.net) – Bencana alam merupakan hakekat ancaman yang sulit diprediksi, karena sifatnya yang spontan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Akibat yang ditimbulkan dari bencana alam juga memiliki dampak yang luas dan tidak ringan.

Untuk mengatisipasi dampak yang ditimbulkan akibat dari bencana alam, maka perlu dilakukan latihan ketanggapsegeraan oleh semua pihak yang terkait dalam penanggulangan bencana alam itu sendiri.

Dalam tugas pokok TNI selain perang, salah satu diantaranya adalah membantu penanggulangan bencana alam, karena kondisi dan situasi pada saat itu dalam kondisi darurat. Oleh karena itu satuan TNI perlu dipersiapkan dan dilatih agar dapat tanggap dan siap mengatasi bencana alam yang mungkin terjadi.

“Disaat orang lain tidak bisa berbuat, TNI harus bisa berbuat. Disaat orang lain merintih kesakitan, TNI harus bisa berperan,” ujar Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Tatang Sulaiman.

Hal ini disampaikan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman pada pembukaan latihan gladi posko Korem 073/Mkt dalam operasi penanggulangan bencana alam banjir di wilayah Korem 073/Mkt.

Ditambahkan Pangdam, penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas TNI semata, tetapi merupakan tugas kita bersama. Oleh karena itu perlu adanya sinergitas dan koordinasi yang baik antar instansi agar kegiatan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

“Itulah tujuan diadakanya gladi posko ini, yang tidak lain untuk melatih sinergitas dan koordinasi semua organisasi yang nantinya akan terlibat dalam penanggulangan bencana, baik itu instansi pemerintah maupun diluar pemerintah,” terang orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro ini.

“Daerah yang secara organisasi dan fisikly sudah siap menghadapi bencana, maka bencana apapun yang bakal terjadi dapat dengan tangap dan diatasi dengan baik,” katanya. (El)