Home Lintas Jateng TNI Gotong Royong Buka Akses Jalan Desa Tumanggal Purbalingga

TNI Gotong Royong Buka Akses Jalan Desa Tumanggal Purbalingga

104

PURBALINGGA, 23/2 (BeritaJateng.net) – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-110 Kodim 0702/Purbalingga Tahun 2021 akan kembali dilaksanakan.

Tahun ini kodim 0702 Purbalingga giliran mendapat kesempatan untuk melaksanakan program tersebut. program tersebut dilaksanakan mulai 2 Maret hingga 31 Maret di Desa tumanggal Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga dengan didahului kegiatan Pra TMMD sejak tanggal 20 Februari 2021.

Berbagai program sudah disusun mulai dari sasaran pembangunan fisik hingga non fisik berupa pemberdayaan masyarakat.

Komandan kodim 0702 Purbalingga Letkol Infanteri Decky Zulhas,S.H.,M.Han mengatakan sasaran dari program ini adalah kegiatan fisik dan non fisik untuk kegiatan fisik berupa pembukaan akses jalan baru di desa tumanggal sepanjang 2 KM serta lebar 9 Meter yang menghubungkan Dusun Pagersari Desa tumanggal menuju Desa Tegalpingen dan disusul pengerasan jalan atau makadam sepanjang 2000M x 5 M.

“Melalui pembukaan jalan jalan tersebut diharapkan akses warga semakin mudah selain itu produk-produk lokal masyarakat juga dapat dipasarkan ke berbagai wilayah,” kata Dandim, Selasa (23/2/2021).

Ia juga mengatakan jalan baru tersebut di sepanjang jalur nantinya juga akan dibangun parit maupun sungai kecil yang akan diperkuat dengan pemasangan pelat beton dan gorong-gorong. “Fokus kami yakni pembukaan dan pengerasan, pekerjaaan selanjutnya untuk penyempurnaan dilakukan oleh Pemerintah Daerah,” kata Dandim.

Lanjutnya, di daerah tersebut memiliki potensi pertanian dan wisata salah satunya yakni agrowisata Sariland Sidulang dimana saat ini dikelola pemerintah desa melalui Bumdes. Setelah dibukanya jalan baru tersebut diharapkan kunjungan pariwisata dapat meningkat, selain melaksanakan kegiatan fisik selama program TMMD berlangsung nantinya juga akan diisi dengan program penyuluhan.

Penyuluhan tersebut akan berkolaborasi dengan dinas dan instansi terkait. Program pembinaan non fisik tersebut diantaranya yaitu penyuluhan Kamtibmas dan wawasan kebangsaan yang bekerjasama dengan polri, penyuluhan penghijauan bersama Dinas lingkungan hidup Purbalingga, penyuluhan lingkungan hidup ini penting karena di daerah tersebut juga pernah terjadi bencana tanah bergerak kemudian program pencegahan stanting bekerjasama dengan Dinas Kesehatan penguatan peran Posyandu hingga peningkatan industri kecil menengah bersama dengan Dinperindagkop.

Banyak potensi pertanian di Desa Tumanggal yang bisa diolah menjadi industri kecil untuk menambah nilai ekonomis.

Program lainnya yakni penyuluhan wisata bersama Dinporapar, penanggulangan bencana dengan BPBD dan pencegahan bahaya narkoba bersama BNN Purbalingga.

Ia mengatakan nantinya akan terdapat 150 personil yang terlibat dalam program tersebut dan mereka akan ditempatkan di Posko yakni SD 2 tumanggal yang saat ini juga sudah mulai dilakukan kegiatan persiapan sehingga pada saat pelaksanaan dapat berjalan maksimal sesuai target.

“Dalam pelaksanaan TMMD juga akan dilakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 mengingat saat ini masih pandemi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 1 =