Home Nasional TNI Cari Pesawat Airasia Hilang Kontak

TNI Cari Pesawat Airasia Hilang Kontak

Jakarta, 28/12 (Beritajateng.net) – TNI Angkatan Udara juga turut mencari pesawat maskapai AirAsia QZ 8501 Surabaya-Singapura yang hilang kontak dan hingga saat ini keberadaanya masih belum ditemukan.

“Kita hari Minggu ini akan menyisir dengan pesawat yang kita miliki,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Hadi Tjahjanto dalam wawancara dengan stasiun televisi swasta di Jakarta, Minggu.

Marsekal Pertama TNI AU Hadi Tjahyanto mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberangkatkan sebanyak satu pesawat berjenis Boeing 737 untuk melakukan penyisiran karena posisi terakhir diperkirakan berada di atas laut.

Selain itu, ujar dia, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas).

Terkait dengan cuaca, ia mengungkapkan bahwa berdasarkan pantauan radar cuaca dari Bandara Halim Perdanakusuma memang cuaca berawan, namun hal itu harus dikonfirmasi lebih jauh apakah pesawat tersebut hilang kontak disebabkan oleh cuaca atau tidak.

Hadi juga mengutarakan harapannya agar dengan berbagai kemampuan dan koordinasi dengan berbagai pihak diharapkan pesawat yang hilang kontak tersebut juga dapat segera ditemukan.

TNI AU juga telah menyiapkan posko yaitu selain di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, serta juga ada posko di Bandara Supadio Pontianak.

Pesawat nahas tersebut lepas landas dari Bandara Juanda, Surabaya, sekitar pukul 05.20 WIB dan direncanakan tiba di Bandara Changi, Singapura, sekitar pukul 08.30 WIB.

Sedangkan komposisi kru adalah Kapten Irianto, dengan First Officer (FO) Remi Emmanuel Plesel.

Sementara komposisi penumpang total 155 orang yang terdiri atas 138 orang dewasa, 16 anak-anak, dan 1 bayi.

Informasi lainnya yang telah diberitakan antara lain pesawat AirAsia itu dikabarkan terakhir tercatat di perairan Belitung dengan titik koordinat 03.22.46LS dan 108.50.07 BT atau sekitar 80 hingga 100 mil di perairan laut daerah itu.

Kepala Bagian Komunikasi Basarnas Pangkalpinang, Supriandi, membenarkan informasi tersebut dan saat ini tim sedang bergerak menuju Belitung.(ant/BJ)