Home Nasional TNI AL Buka Pendaftaran Baru Tamtama Prajurit Karir

TNI AL Buka Pendaftaran Baru Tamtama Prajurit Karir

Semarang, 30/12 (BeritaJateng.net) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut saat ini tengah membuka kesempatan bagi para pemuda Indonesia untuk dididik menjadi Tamtama Prajurit Karir (PK) TNI AL. Hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran sejak dibuka tanggal 7 Desember 2015 lalu, melalui sistem online. Pendaftar bisa mengakses situs resmi TNI AL di www.rekrutmen-tni.mil.id

Kapten Laut Heri Suyatno selaku Pasminlog Lanal Semarang mengatakan sistem rekrutmen ini dilakukan secara terbuka, tanpa ada unsur KKN. Pasalnya, yang menyeleksi dan memutuskan tak lain langsung dari pusat Jakarta.

“Ini wujud untuk memberikan semangat bagi generasi muda. Mengenai jumlah yang disediakan bergantung animo dari pusat,” tegasnya saat ditemui BeritaJateng.net, di Pangkalan TNI AL Semarang, Rabu (30/12).

Bahkan, lanjutnya untuk pengantar atau pendamping calon Tamtama tidak diperbolehkan untuk mendekat.

“Jadi memang benar-benar murni dan terbuka, serta tidak ada yang dibedakan,” jelasnya.

Senada dengan Heri, Serda Prasetyo selaku Urpen Lanal Semarang juga berujar demikian.

“Anggota sudah di warning oleh Komandan agar yang tidak berkepentingan tidak boleh mendekat. Saya masuk Tamtama sampai 7 kali mendaftar, baru yang terakhir diterima,” terangnya.

Terkait persyaratan, dijelaskannya ada satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh calon prajurit, yakni psikotes dan kesehatan.

“Militer, untuk tes awal yang dibutuhkan itu fisik dan mental, lainnya bisa dipelajari sambil jalan. Karena untuk melatih keberanian, ketepatan, dan kejujuran,” ujarnya.

Sementara, untuk persyaratan umum meliputi ;

1. WNI, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, bukan PNS
2. Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22  tahun pada tanggal 14 Maret 2016
3. Berijazah minimal lulusan SLTP/sederajat.
4.Tinggi badan minim 163 cm dengan barat badan seimbang
5. Berkelakuan baik dan tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat
6.Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkaca mata/memakai softlens.
7. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Dikma dan selama dua tahun setelah Dikma.
8. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 10 tahun terhitung saat mulai dilantik menjadi Kelasi Dua/Prada
9. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Bjt02)