Home Lintas Jateng TK Tertua di Solo Ditutup Paksa

TK Tertua di Solo Ditutup Paksa

Solo, 6/1 (BeritaJateng.net) – Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Taman Putra Mangkunegaran yang merupakan TK tertua di kota Surakarta yang berdiri pada tahun 1943, beberapa waktu lalu diminta untuk pindah ke lokasi baru.

Pasalnya tanah dan bangunan yang ditempati merupakan milik Pura Mangkunegoro. Bangunan tersebut merupakan Pendapa Kepatihan Pura Mangkunegaran dan dikabarkan telah berpindah tangan.

Kepala KB dan TK Taman Putra Mangkunegaran, Sri Sudarini menyebutkan bangunan TK ini merupakan milik Pura Mangkunegaran. Bahkan Pemerintah Kota Solo sudah memasukkan bagunan tersebut sebagai benda cagar budaya.

Sebab itulah Pengelola Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Taman Putra Mangkunegaran yang dua pekan lalu diminta meninggalkan pendopo kepatihan yang sudah di tempati sejak tahun 1943.

Menurut Kepala TK Taman Putra Mangkunegaran Sri Sudarini Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Taman Putra Mangkunegaran sudah menempati lokasi baru. Di sayap bangunan SD Ketelan No 12 di Jalan Yosodipuro Surakarta.

Sri mengungkapkan walaupun ruangannya kecil dan seadanya yang penting siswa tetap bisa bermain dan belajar kembali. Sekolah dengan 30 siswa tersebut akhirnya diberi izin menempati sebuah ruangan berukuran 6 meter x 6 meter di bagian sayap SD Ketelan No 12.

“Sementara ini, karena lokasinya sempit dan hanya satu ruang yang dipinjamkan maka kelas TK A dan TK B menempati ruang yang sama,” jelasnya di Solo Jawa Tengah, Selasa.

Ruangan tersebut selain dipakai untuk kegiatan belajar mengajar juga disekat dan digunakan sebagai ruang guru. Pihaknya juga berusaha agar ada ruang terbuka agar siswa bisa merasa nyaman dan bebas bermain.

Sementara itu Kepala Dikpora Etty Retnowati menyebut jika sementara ini TK tersebut menempati bangunan sayap SD Ketelan No 12.

“Yang penting adalah proses pembelajaran tidak terhenti di tengah-tengah,” pungkasnya. (BJ24)