Home Nasional Tjahjo Kumolo : Peran Media Dibutuhkan Untuk Wujudkan Parlemen Modern

Tjahjo Kumolo : Peran Media Dibutuhkan Untuk Wujudkan Parlemen Modern

 

SEMARANG, 11/2 (BeritaJateng.net) – Untuk mewujudkan Pemerintahan Daerah yang terbuka, tranparan serta modern, perlu adanya peran media sebagai penyalur aspirasi masyarakat maupun penyampai hasil serta program-program yang dilaksanakan Pemerintahan Daerah.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo saat memberi materi dalam kegiatan Seminar nasional parlemen modern dengan tema membangun DPRD Provinsi Jawa Tengah terbuka dan modern tahun 2016, Kamis (11/02/2016), di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jawa Tengah.

“Kuncinya ada pada media, pada PERS. Disamping itu harus rutin turun ke bawah melaksanakan kebijakan dan menyerap aspirasi masyarakat untuk kemudian membangun opini melalui media. Buat apa jadi pejabat kalau tidak bisa bersosialisasi, menjelaskan pada masyarakat. Apa yang di hasilkan, apa yang di programkan, untuk sampai ke masyarakat,” jelasnya.

Dengan meningkatkan performa maupun kinerja lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, tujuannya untuk dapat menjalankan tugas fungsi anggaran, legislasi, dan pengawasan sesuai dengan amanat dari masyarakat. Dalam memberikan materi, Tjahjo Kumolo juga menjelaskan tentang pengertian modern dalam membangun DPRD Jawa Tengah terbuka dan modern.

“Pengertiian modern itu, bukan berarti barang-barangnya yang harus modern. Tapi akses kinerjanya yang harus modern. Jadi pejabat daerah harus menyampaikan informasi tentang kebijakan maupun kinerja kepada masyarakat, selain itu juga mengetahui aspirasi masyarakat yang tersampaikan melalui media,” ucapnya.

Selain Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan Gubernur Jawa Tengah, seminar nasional parlemen modern tersebut juga dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ketua DPRD Provinsi se-Indonesia, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, Sekretaris DPRD Provinsi se-Indonesia, serta Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. (Mg1)