Home News Update Tingkatkan SDM Pariwisata, FPAR Gelar PDSP

Tingkatkan SDM Pariwisata, FPAR Gelar PDSP

Semarang, 13/9 (BeritaJateng.net) – Proses belajar di perguruan tinggi, khususnya di Unisbank Semarang sudah mulai aktif sejak 5 September 2016. Rangkaian kegiatan Campus Trip dan Pengenalan kegiatan akademik dan kemahasiswaan (PEKAKU) baru saja usai.

Namun hal ini berbeda dengan mahasiswa Fakultas Pariwisata. Sebelum kegiatan kuliah aktif, mahasiswa fakultas pariwisata wajib mengikuti Pembinaan Disiplin dan Sikap Profesi (PDSP).

Kegiatan PDSP dimulai pada sejak tanggal 6 hingga 8 september 2016 dan hari ini Selasa, 13 September 2016, PDSP diakhir di fakultas pariwisata Unisbank Kendeng Semarang dan ditandai dengan kuliah perdana.

Dekan Fakultas Pariwisata Unisbank Semarang, Artin Bayu Mukti, Artin ,A.Par.,M.Par mengatakan, PDSP adalah awal pembinaan terhadap mahasiswa baru untuk selalu disiplin terhadap dirinya dan lingkungan sosial serta menjaga sikap sebagai professional.

Kedisiplinan wajib dimiliki oleh pelaku pariwisata, apalagi yang berkaitan dengan jasa atau pelayanan.

“Bahkan untuk menanamkan disiplin tinggi, kita menggandeng TNI Angkatan Darat,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyelenggarakan kuliah umum dengan narasumber Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata jawa Tengah, yaitu Trenggono, SE., M.Par.
Dalam kuliah umum itu, Trenggono, SE., M.Par menuturkan, prioritas Kabinet kerja Jokowi salah satu dari lima prioritas adalah pariwisata, lainnya adalah insfrastruktur, energi, kemaritiman dan pangan.

“Jadi pariwisata adalah menjadi hal sangat penting,” jelasnya.

Lebih jauh Trenggono menjelaskan, potensi pariwisata di Jawa Tengah sangat besar, ada 1742 hotel, 5 bandara, pelabuhan, restoran 2752 dan 648 BPW (Biro Perjalanan Wisata) serta 150 APW (Agen Perjalanan Wisata) dan belum termasuk obyek wisaya.

Keberadaan potensi pariwisata inilah yang membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Trenggono mewakili Dinas Pariwisata merasa senang dilibatkan oleh Fakultas Pariwisata.

“Mudah-mudahan berkelanjutan dan dapat bersinergi membangun pariwisata di Jawa Tengah,” harapnya. (BJ)