Home Hiburan Tingkatkan Kunjungan Wisman dengan Revitalisasi Kota Lama

Tingkatkan Kunjungan Wisman dengan Revitalisasi Kota Lama

Semarang, 1/1 (BeritaJateng.net) – Pemerintah kota Semarang berupaya agar kawasan kota Lama dapat menjadi andalan Destinasi wisata terutama untuk menarik kunjungan Wisatawan Mancanegara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Masdiana Safitri menuturkan ditahun 2015 lalu tingkat kunjungan wisatawan dari luar negeri mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini melihat dari kunjungan kapal Pesiar yang sudah mau singgah dipelabuhan tanjung mas Semarang.

“Padahal sebelumnya hanya lewat saja, namun sekarang wisatawan mancanegara mulai melirik kota Semarang sebagai tempat destinasi wisata. Selain itu jika dilihat dari okupansi beberapa hotel dan event kebudayaan dan pariwisata yang diselenggarakan dikota semarang tingkat kunjungan wisatawan dari luar negeri sudah mulai banyak dijumpai,” lanjutnya.

Menurutnya, target pemkot Semarang kedepannya akan melakukan pembenahan sejumlah objek wisata yang dikelola Disbudpar, tidak hanya itu rencana revitalisasi kawasan kota lama yang dicanangkan Pemerintah kota atas bantuan Pemprov Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat diharapkan kedepan destinasi peninggalan penjajah itu dapat menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara.

Masdiana Safitri menuturkan Selain target wisatawan dari luar negeri, sampai saat ini untuk wisatawan lokal yang mengunjungi kota Semarang juga mengalami peningkatan.

“Terlihat, dilibur panjang akhir tahun, beberapa objek wisata di kota Semarang dipadati antrian kendaraan dari plat no luar daerah. Beberapa objek wisata di Semarang yang dikelola pemkot Semarang yakni seperti Taman Wisata Bonbin Mangkang, Gua Kreo, Taman lele dan Hutan Wisata Tinjomoyo terjadi peningkatan lebih dari 4.000 pengunjung. Sedangkan beberapa objek wisata lain seperti lawang Sewu, Sampoo Kong dan Masjid Agung Jawa Tengah juga mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya,” Imbuhnya.  (Bj)