Home News Update Tim SMA 3 Semarang Raih Piala Bergilir Gubernur Jateng UYEA 2015

Tim SMA 3 Semarang Raih Piala Bergilir Gubernur Jateng UYEA 2015

Semarang, 20/12 (BeritaJateng.net) – Unisbank Young Entrepreneuship Award (UYEA) 2015 yang bertemakan Kompetisi Ide Bisnis Kreatif untuk Jawa Tengah Lebih Baik usai digelar.

Tepuk tangan dan teriakan histeris mewarnai suasana ketika Tim dari SMA Negeri 3 Semarang dinobatkan sebagai juara pertama sekaligus mendapatkan Piala Bergilir dari Gubernur Jateng. Hana Khayyirah Huwaida, Vibuthy Rara Pungkasa Virya dan Adi Resti Hapsari berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) ketika ide bisnis tas laptopnya mengumpulkan poin terbanyak dari tim juri.

Hana salah satu perwakilan tim menuturkan, modal awal bisnis tas laptop sebesar Rp 1,5 juta yang dikumpulkan dari saham yang ditawarkan dari temen pelajar satu sekolahnya.

“Keunggulan dari tas ini adalah ini anti hujan dan salah satunya terbuat dari bahan bekas kain perca,” jelas Hana.

Tim SMA 3 Semarang juga menyabet Juara kedua, yang diraih oleh Mochammad Abdurozaq Hidayat dan Rivando Heri Suryawan. Keduanya merancang ide bisnis ANGKOTA. Sebuah aplikasi yang berbasis GPS untuk meningkatkan layanan guna transportasi umum.

Hidayat menerangkan, dengan aplikasi ini, penumpang dapat mengetahui jarak tempuh hingga waktu yang ditempuh oleh angkutan umum. Fungsi lainnya adalah untuk mengetahui keberadaan angkutan umum, hingga penjualan tiket busway melalui pulsa. Karena ide bisnisnya meraih juara 2, panitia memberikan penghargaan sebesar Rp Rp 7.000.000 (tujuh juta rupiah).

Bahkan rencananya rabu depan, mereka diundang salah satu stasiun televisi nasional dalam untuk cerita ide bisnisnya dalam program Empat Mata. Sedangkan juara 3 diraih oleh Handayani Pradana, Renita Silfia Putrid dan Singgih Pradikatama. Bank Sampah Lubang Buaya mengantarkannya menjadi juara 3 dan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah).

Melalui Bank Sampah ini, keduanya memproduksi kompos, kerajinan dari bahan bekas dan juga biogas untuk bahan bakar. Sedangkan juara Harapan 1 diraih oleh Novita laela Sumbara, Tyas Ayu Widyastuti dan Yeni Rizki Amalia dengan ide bisnisnya berupa kerajinan anak educative berbasis tradisi daerah. Pelajar dari SMA Negeri 3 Slawi ini mendapatkan hadiah Rp 2.000.000 (dua juta rupiah).

Harapan 2 diraih oleh Muhammad Dary Mumtaz dengan ide bisnis berupa pembuatan lampu hias dari pecahan kaca. Juara harapan 2 mendapatkan uang penghargaan sebesar Rp 1.000.000 (satu juta rupiah). Tidak hanya itu, 10 finalis lainnya mendapatkan penghargaan sebesar Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).

Ketua Panitia UYEA, Agus Sprasetyo Utomo menuturkan, hasil kompetisi ini tidak dapat diganggu gugat. Tim juri sudah melakukan penilaian dari berbagai aspek, mulai dari pemaparan, gagasan, dan tanya jawab.

60 persen penilaian ditentukan dari sesi bootcamp dan 40 persen penilaian akhir dari dewan juri. Selain itu, para juara juga berhak mendapatkan bebas uang masuk jika mendaftar di Unisbank Semarang.

Rektor Unisbank Semarang, Dr. H. Hasan Abdul Rozak., SH.CN.MM memberikan motivasi kepada para juara untuk terus meningkatkan prestasinya. Bagi yang belum berhasil, dapat mengikutinya kembali karena Unisbank akan terus menyelenggarakan kompetisi ini setiap tahunnya.

“Ini bentuk komitmen Unisbank untuk terus mendorong generasi muda  sebagai pelopor penggerak ekonomi Jawa Tengah,” pungkasnya. (BJ)

1 COMMENT

  1. Anak2 muda yang hebat. Tindakan yang bagus dari Unisbank untuk mendorong para muda bertindak dan bermental seorang wirausahawan.

Comments are closed.