Home Lintas Jateng Tim PKK Semarang Maju Wakili Provinsi Jateng

Tim PKK Semarang Maju Wakili Provinsi Jateng

500
Manfaatkan Lahan Terbatas, Rumdin Danrem 071/wk Ditanami Cabai dan Sayuran
          Semarang, 16/5 (BeritaJateng.net) – Tim Penggerak PKK Kota Semarang berhasil meraih gelar juara dalam lomba PKK tingkat Provinsi Jawa Tengah.
             Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi. Menurutnya, pihaknya mendapat juara dalam kategori Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang dirah Kelurahan Ngesrep.
            “Adapun untuk kategori Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (P-KDRT) yang diraih Kelurahan Mlatibaru kita juga juara I,” terang Tia sapaan akrabnya.
             Begitu pula untuk kategori Usaha Pemberdayaan Perkonomian Keluarga (UP2K), Kelurahan Pindrikan Lor meraih juara I. Sedangkan untuk kategori Tertib Administrasi PKK, Kelurahan Gisikdrono berhasil meraih juara II.
               Nantinya, para pemenang akan mewakili Provinsi Jateng maju dalam lomba tingkat Nasional. Tia optimis, perwakilan tim PKK Kota Semarang ini mampu mengharumkan nama daerah.
                “Tidak saja mengharumkan nama Kota Semarang namun juga Provinsi Jateng,” tukasnya.
               Ditambahkan, nantinya tim PKK yang akan maju akan mendapat pendampingan dari tim di tingkat provinsi. Dengan demikian, performa mereka nantinya akan dapat benar-benar bersaing dengan perwakilan provinsi lainnya.
               Tia menyebut, hampir setiap tahun perwakilan PKK Kota Semarang mendapat juara dalam lomba tingkat nasional. Di tahun 2016, PKK Kelurahan Gemah berhasil maju lomba tingkat nasional untuk kategori tertib administrasi.
              Dijelaskan, pihaknya selalu melakukan pembinaan terhadap posyandu melalui kader-kader yang tersebar di seluruh kelurahan. Kader juga melakukan pendampingan terhadap posyandu, melakukan sosialisasi pencegaha Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan juga lomba pangan sehat di rusun.
              PKK juga melakukan anti kekerasan di sekolah dalam masa orientasi siswa di SMA yang ada di Kota Semarang. Diakuinya, program ini cukup efektif dalam menekan angka kekerasa terhadap siswa baru.
               “Kami juga melakukan koordinasi dengan Pemkot, rumah sakit, Polrestabes untuk peningkatan mutu kader PKK,” tukasnya. (El)