Home Lintas Jateng Tim Labfor Periksa Sisa Kebakaran Enam Kios di Kaliwungu

Tim Labfor Periksa Sisa Kebakaran Enam Kios di Kaliwungu

Tim Labfor saat melakukan olah TKP pada kebakaran enam kios di alun-alun Kaliwungu, Kendal, Selasa (16/12). (BJ/DK)

Kendal, 16/12 (Beritajateng.net) – Kebakaran yang terjadi di kawasan alun-alun Kecamatan Kaliwungu Kendal Minggu (14/12) malam telah menghanguskan enam kios. Terkait hal itu laboratorium forensik cabang Labforcab Semarang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di kios Sumber Wangi, Selasa (16/12). Petugas Labforcab Semarang mengambil sejumlah sampel untuk diperiksa. Beberapa diantaranya kabel listrik, stop kontak, plat MCB, serta abu sisa kebakaran.

Petugas yang terdiri dari empat orang ini memeriksa secara detil di seluruh sudut toko yang menjual parfum racikan dan pakaian muslim ini. Mereka juga merunut sejumlah kabel listrik, termasuk yang menuju ke neon box yang sementara diduga menjadi penyebab kebakaran. Labfor juga melakukan pemetaan denah kios Sumber Wangi.

Wakil Kepala Polsek (Wakapolsek) Kaliwungu, Iptu Abdullah Umar, menjelaskan pihaknya memanggil Labforcab Semarang untuk melakukan olah TKP dan mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. “Sampel sudah dibawa Labforcab. Kami harap segera dapat mengetahui penyebab kebakaran setelah olah TKP ini dilakukan,” tuturnya.

Sementara itu, kerugian yang diderita korban kebakaran diperkirakan mencapai satu milyar lebih. Pemilik toko Sumber Wangi, Faizah, mengaku, kerugian yang diderita akibat kebakaran yang meludeskan kios beserta isinya mencapai Rp 1 milyar. Sedangkan pemilik kios lain rata-rata mencapai Rp 300 juta. “Semua barang jualan saya ludes terbakar. Padahal semuanya baru restock termasuk bibit parfum dan pakaian muslim yang terbuat dari sutra,” akunya saat olah TKP Labfor.

Seperti diketahui, api membakar 6 kios di kawasan Alun-alun Kaliwungu terjadi pada Minggu kemarin sekitar pukul 10.30 WIB. Tiga mobil pemadam dikerahkan untuk menjinakkan api yang terus membakar deretan kios tersebut. Bahkan untuk memadamkan api, petugas pemadam kebakaran dibantu warga terpaksa merusak rolling door dan atap kios.(DK/pj)