Home Headline Tim KKN Undip Gagas Rumah Pangan Lestari di Kab. Semarang

Tim KKN Undip Gagas Rumah Pangan Lestari di Kab. Semarang

359

UNGARAN, 19/8 (Beritajateng.net) – Guna menciptakan ketersediaan bahan makanan khususnya sayur dan buah yang higienis untuk masyarakat di Desa Tuntang Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, Tim II KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menginisiasi pembuatan Rumah Pangan Lestari. Sasaran dari program ini adalah ibu ibu dan remaja putri di desa Tuntang.

Rumah Pangan Lestari adalah program penanaman sayuran dan buah buahan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan sistem organik tanpa pupuk kimia. Program ini digagas oleh Maulidya Larasati dari Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP)dan mendapat sambutan positif dari warga.

“Rumah Pangan Lestari dimaksudkan agar masyarakat di desa ini mandiri di bidang pangan khususnya sayur dan buah. Selain itu juga untuk menjamin sayuran dan buah buahan yang dihasilkan higienis karena tidak menggunakan pupuk kimia sedikitpun,” ungkap Maulidya Larasati sesaat setelah memberi pelatihan di Dusun Cikal Desa Tuntang.

Pelatihan dihadiri oleh ibu-ibu PKK di Dusun Cikal dan dihadiri oleh Kepala Dusun Cikal, Gunawan. Kegiatan dimulai dari penyiapan media tanam yang dilakukan oleh Tim II KKN UNDIP bersama ibu-ibu PKK. Selanjutnya, dilakukan penyampaian materi dan metode penanaman sebelum dilakukan penanaman bersama.

“Beberapa benih tanaman yang ditanam dalam program Rumah Pangan Lestari ini adalah benih Sawi Pagoda, Sawi Sendok dan Mentimun. Tidak hanya benih yang ditanam, namun juga beberapa jenis bibit tanaman lain seperti Daun Salam, Terong Ungu dan Cabai,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut dibagikan lebih dari 50 benih dan bibit tanaman kepada ibi ibu dan remaja putri peserta pelatihan. Selain pembagian benih, tim II KKN juga memberi pelatihan pertanian sistem organik mulai dari pemupukan dasar hingga pemberian pupuk susulan.

Tim KKN II Universitas Diponegoro Desa Sraten terdiri dari Irfan Firmansyah selaku koordinator desa, Aulia Shofa Naufalie,Iffat Fadhilah, Dina Athifah Nurul Fitri,Dinar Astari, Nurul Ulfah Praminingdyah, Zaenab Mutmainatul Qolbiah, Maulidya Larasati, Rahmat Jayanto dan Satrio Alif Bagaskoro.

(NK)