Home News Update Tim KKN Undip Ajak PHBS SD Temanggung

Tim KKN Undip Ajak PHBS SD Temanggung

852

Semarang, 1/2 (BeritaJateng.net) – TIM I KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang bertempat di Desa Kembangsari Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung memberikan penyuluhan kepada siswa-siswi tingkat SD mengenai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal ini dilakukan dalam rangka usaha untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDG’s).

Program yang bertajuk ‘Kembangsari Healthy School’ ini bertujuan untuk kembali membangkitkan semangat generasi muda dalam budaya hidup bersih dan sehat. Apalagi melihat keseharian siswa-siswi yang kurang aktif dalam menjaga kesehatan.

Kegiatannya terdiri dari senam sehat, sarapan pagi, cuci tangan pakai sabun, gosok gigi bersama dan program pendukung yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih di sekolah.

“Mayoritas orang tua siswa bekerja sebagai petani kopi yang berangkat pagi dan pulang sore. Kondisi ini bisa mempengaruhi penjagaan kesehatan pada anak-anaknya,” ujar Deny Pamungkas yang bertugas sebagai Guru Olahraga di SDN 02 Kembangsari.

Adapun kegiatan itu tidak lepas dari tangan-tangan kreatif, seperti Andi Kurniawan dan Muhammad Ary Wibisono dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, serta Rismawati, Febi Abu Hanifah, Valentina AFMA dan Hari Ismanto dari Fakultas Kesehatan Masyarakat disusul Nindya Vedayanti dan Bytta Putri dari Fakultas Teknik. Mereka semua tergabung dalam TIM I KKN Undip di Desa Kembangsari.

“Jargon dalam kegiatan Kembangsari Healthy School ini adalah ‘Sekolahku Sehat, Prestasiku Meningkat’. Pemilihan kata tersebut didasari karena SD 02 Kembangsari akan mengikuti Lomba Sekolah Sehat di tahun mendatang. Pada dasarnya sekolah sehat harus dimulai dari siswa-siswi dan warga sekolah yang hidup sehat pula,” ungkap Risma mewakili TIM I KKN Undip di Desa Kembangsari.

Berbagai inovasi lain pun dilakukan untuk mengajak masyarakat Desa Kembangsari sebagai pengoptimalan potensi dan kearifan lokal, seperti masterplan Cek Dam yang akan didesain menjadi wahana wisata.

Selain itu, mahasiswa juga melakukan pengabdian multidisipliner seperti pendataan dan analisis situasi tentang UMKM, program kerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta beberapa program pengabdian lainnya.

“Kami berterima kasih atas kerja sama adik-adik KKN Undip sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses. Saya melihat semangat siswa-siswi sangat antusias untuk mengikuti Kembangsari Healthy School. Mereka bisa belajar namun tetap fun,” kata Kepala Sekolah SDN 2 Kembangsari, Punaryati, S.Pd saat penutupan acara. (Bj)