Home Nasional Tim DVI Masih Identifikasi Lima Jenazah Korban AirAsia

Tim DVI Masih Identifikasi Lima Jenazah Korban AirAsia

259
  • Tragedi AirAsia

Surabaya, 1/1 (Beritajateng.net) – Tim “Disaster Victim Identification” (DVI) Polda Jawa Timur sampai saat ini masih mengidentifikasi lima korban pesawat AirAsia QZ8501 di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anas Yusuf menyampaikan bahwa proses identifikasi yang dilakukan sesuai standar internasional berdasararkan “ISI PO Interpol”.

“Dengan demikian hasil dari identifikasi sangat akurat untuk penegakan hukum,” ujarnya kepada wartawan di Crisis Centre Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis sore.

Dari enam korban yang sekarang sudah di RS Bhayangkara, seorang korban berhasil diidentifikasi atas nama Hayati Lutfiah Hamid, warga Sawotratap Sidoarjo, Jawa Timur.

Wanita berusia sekitar 40 tahunan tersebut, teridentifikasi setelah Tim DVI Polda Jatim memastikan sesuai metode identifikasi primer maupun sekunder dengan pendukung lainnya.

Menurut rencana, korban akan dimakamkan di tempat pemakaman umum di sekitar tempat tinggalnya pada Kamis malam ini.

Sementara itu, Kapolda Jatim juga menjelaskan saat ini Tim DVI yang diketuai Kombes Pol Budiyono telah menyiapkan dua kegiatan identifikasi “antemortem” dan “postmortem”.

“Antemortem” merupakan kegiatan “profiling” yakni menyiapkan data orang, seperti rekam medis, sidik jari, DNA, termasuk ciri-ciri fisik seperti tahi lalat, tato dan tanda-tanda khusus di tubuh lainnya.

“Berikutnya semua data sekunder itu ditindaklanjuti di ‘postmortem’. Setelah teridentifikasi, pasti disampaikan,” tutur jenderal polisi dua bintang tersebut.(ant/Bj02)