Home Hukum dan Kriminal Tiga Pelaku Begal Ditangkap Usai Melakukan Aksinya

Tiga Pelaku Begal Ditangkap Usai Melakukan Aksinya

976
Pelaku begal yang di ringkus Aparat Resmob Polrestabes Semarang usai melakukan aksinya
Pelaku begal yang di ringkus Aparat Resmob Polrestabes Semarang usai melakukan aksinya
Pelaku begal yang di ringkus Aparat Resmob Polrestabes Semarang usai melakukan aksinya

Semarang 25/4 (BeritaJateng.net) – Berdalih untuk foya-foya Muhamad Enggal (19) Warga Kuningan diringkus Aparat Resmob Polrestabes Semarang karena terlibat pembegalan seorang wanita di Jalan Dr Soetomo, Semarang.

Ia ditangkap bersama dua rekannya dibawah umur berinisial RF (16) dan IAA (16) warga Dadapsari, Semarang Utara.

Kepada polisi Enggal mengaku, aksinya telah dilakukan sebanyak tiga kali ditempat berbeda, dan ironisnya aksi begal tersebut dilakukan usai menenggak congyang.

“Sudah tiga kali melakukan (begal, Red.) diantaranya yakni Gajahmungkur, Akpol, dan terakhir di Pasar kembang,” kata Enggal di Polrestabes Semarang, Sabtu (25/4).

Aksi terakhirnya yang dilakukan bersama dua rekannya (RF dan IAA, Red.) di Pasar kembang Kalisari tidak jauh dari Mapolrestabes Semarang hari Jumat (24/4) malam. “Saya bertiga boncengan naik motor, teman saya driver, saya dikempit di tengah,” ujarnya menceritakan kronologi kejadian.

Enggal yang juga residivis kasus Pencurian dengan kekerasan (Curas) menceritakan aksi yang dilakukan terlebih dahulu mencari sasaran dengan cara membuntuti  wanita yang berkendara sendirian.

“Saya putar-putar dulu bertiga. Sampai di pasar kembang, ada wanita melintas sendirian langsung merampas tas di tangannya,” jelasnya.

Usai merampas paksa, ketiga remaja ini mengambil barang-barang dalam tas dan membuang tasnya ke sungai.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin mengatakan, dengan ditangkapnya pelaku perampasan itu, diharapkan masyarakat dan polisi bisa bekerjasama untuk mengamankan diri sendiri.  Nantinya jika masyarakat yang merasa pernah menjadi korban, diharapkan segera melapor ke polisi.

“Masyarakat harus waspada, pelaku beraksi malam hari. Saya yakin masyarakat bisa amankan diri sendiri dan polisi melakukan antisipasi dengan patroli. Harus waspada, jangan sampai jadi korban,” terangnya.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan Yamaha Vixion yang digunakan sarana untuk melakukan kejahatan, iPhone , power bank, dan tas perempuan.

Ketiga pelaku terancam dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan hukuman maksimal 7 tahun penjara.(BJ04)