Home Lintas Jateng Tiga Kabupaten di Jateng Bangun TPA Regional

Tiga Kabupaten di Jateng Bangun TPA Regional

masfui masduki

SEMARANG, 10/4 (BeritaJateng.net) – Tiga kabupaten/kota di Pantura Barat yakni Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Pemalang saat ini sedang merancang Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional bertempat di Suradadi. TPA tersebut menempati lahan seluas 15 hektar.

Kebutuhan adanya TPA di wilayah ini sudah mendesak mengingat volume sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga dan industri sudah overload.

“TPA ini diharapkan bisa menampung sampah dari tiga wilayah yakni Tegal, Kota Tegal dan Pemalang. Suradadi mudah diakses dari tiga wilayah tersebut,” ungkap Anggota Komisi D DPRD Jateng Masfui Masduki, Jumat (10/4).

Politisi asli Kabupaten Tegal ini menjelaskan, saat ini tanah yang akan digunakan untuk TPA sudah siap dilepas oleh warga dan diharapkan bisa segera direalisasikan pembayarannya. Rencananya anggaran yang akan digunakan berasal dari dana bantuan pemerintah Jerman yang dihibahkan kepada Pemprov Jateng dan akan dikelola oleh Pemkab Tegal.

Pembangunan TPA Regional di kawasan ini sebetulnya sudah direncanakan cukup lama dan sudah disediakan tanah oleh Pemkot Tegal. Namun belakangan muncul persoalan karena proses tukar guling lokasi yang disediakan bermasalah dan saat ini proses hukumnya sedang berjalan dan melibatkan Mantan Walikota Tegal Ikmal Jaya.

Politisi Golkar dari Dapil IX ini menambahkan, program pembangunan TPA Regional tersebut merupakan salah satu rancangan dalam Raperda kawasan Bergasmalang (Brebes, Tegal, Pemalang). Namun demikian, Masfui Masduki mempersoalkan singkatan nama Bergasmalang yang menurut dia kurang tepat mengingat terdapat huruf s (Slawi). Menurut dia singkatannya lebih tepat menggunakan kata Bergalang sebagai kepanjangan dari Brebes, Tegal dan Pemalang. (BJ13)