Home Hiburan Tiga Hotel Archipelago Ajak Masyarakat Peduli Pada Alam

Tiga Hotel Archipelago Ajak Masyarakat Peduli Pada Alam

Semarang, 25/11 (BeritaJateng.net) – Runtutan bencana alam yang akhir-akhir ini kita dengar telah menjadi duka bagi bangsa dan keprihatinan dunia. Tercatat di sebuah situs berita, pada tahun ini sudah terjadi kurang lebih 89 tanah longsor, 20 banjir, 4 bencana puting beliung dan masih banyak bencana alam besar yang akhirnya menjadi isu internasional.

Bencana alam yang terjadi sudah sewajibnya menjadi tanggung jawab kita bersama karena sebagian besar kerusakan alam merupakan akibat dari campur tangan manusia.

Banyak lembaga dan sebagian masyarakat yang telah sadar lingkungan mulai menyuarakan gerakan cinta alam untuk mengembalikan keseimbangan bumi. Gerakan-gerakan seperti penghijauan, daur ulang, penggunaan bahan-bahan alami, kelestarian fauna sudah semakin berkembang dan kebanyakan gerakan ini muncul dari para generasi muda.

Gerakan-gerakan tersebut membentuk berbagai komunitas kecil yang terbagi berdasarkan cara olah, namun sama-sama memiliki satu tujuan yakni mengajak masyarakat luas untuk lebih menigkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.

Bertepatan dengan Hari Pohon Nasional pada tanggal 21 November serta Hari Menanam Pohon Indonesia yang dicanangkan pada tanggal 28 November, Aston Semarang Hotel & Convention Center, favehotel Diponegoro serta Hotel Neo Candi Semarang sebagai brand Archipelago International yang ada di Semarang mengajak masyarakat Semarang untuk ikut peduli terhadap lingkungan sekaligus melakukan simbolis penanaman pohon.

Hal ini dilakukan dengan mengajak beberapa komunitas yang berfokus pada alam serta masyarakat Semarang dan sekitarnya mengadakan kegiatan bertemakan “Save Tree Save Life – We Care: Reuse, Recycle & Reduce” yang akan dilakukan pada hari Minggu, 29 November 2015 mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WIB di Taman KB Semarang.

Hotel Aston, favehotel dan Hotel Neo Semarang ingin mengajak masyarakat Semarang yang hadir di kegiatan Car Free Day untuk bersama-sama menjaga keindahan lingkungan sekaligus juga mampu menghasilkan manfaat ekonomi. Pelestarian lingkungan hidup tidak akan terwujud jika hanya dijadikan wacana formal saja, tetapi memerlukan kesadaran dan kemauan untuk melakukan aksi nyata.

Sehingga kegiatan ini dilakukan dengan kegiatan simbolis menanam pohon, mengurangi sampah dengan melakukan daur ulang sampah menjadi barang barang yang bernilai ekonomis. Aktivitas akan dimulai dengan pawai di sepajang jalur Car Free Day, dilanjutkan penanaman pohon secara simbolis, kemudian kegiatan yoga bersama yang bertujuan untuk lebih memberikan ketenangan pada diri dan menyelaraskan jiwa dengan alam.

Terdapat pula bazaar dari para komunitas yang bergabung seperti Atmosphere, Hilo Green Semarang dan masih banyak lagi. Mereka akan memamerkan hasil daur ulang dari barang-barang bekas dan juga memberikan info kepada masyarakat mengenai bagaimana cara memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi volume sampah yang sudah terlalu banyak di kota Semarang pada khususnya. Karena sampah, terutama non organik, akan sulit terdegradasi atau diurai oleh mikroorganisme di dalam tanah.

Kegiatan ini terbuka untuk siapa saja yang ingin ikut dan tidak dikenakan biaya apapun. Bagi pengunjung Car Free Day yang ingin berpartisipasi dalam aksi penyelamatan alam ini bisa menyumbangkan barang bekas berupa kertas, botol plastik ataupun kaleng-kaleng tidak terpakai dan bisa ditukarkan dengan makanan yang akan disediakan oleh pihak hotel.

Dapat juga mengikuti kegiatan yoga yang akan di host oleh pelatih yoga ternama dengan membawa matras sendiri di Taman KB. Para pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai voucher menginap serta hadiah menarik hanya dengan mengunggah foto selfie/wefie mereka dengan menggunakan hashtag #haripohonsemarang ke akun social media mereka dan juga mencantumkan tiga nama hotel Archipelago International; Aston Semarang Hotel & Convention Center, favehotel Diponegoro dan Neo Candi Semarang. Acara ini juga disponsori oleh Amidis dan MNC Play.

Mengenai Archipelago International

Archipelago International merupakan salah satu operator hotel terkemuka di Indonesia dengan portofolio memiliki lebih dari 100 hotel dan 15.000 kamar. Sebagai brand yang terus berkembang, Archipelago International telah memiliki lebih dari 100 properti sedang dalam pembangunan di Indonesia, Filipina dan Malaysia.

Archipelago International mengoperasikan beberapa Hotel dengan nama bran seperti : favehotel, NEO, Quest, Harper, Aston, Alana dan Kamuela. Archipelago International menawarkan pilihan dari villa mewah dengan kolam renang pribadi hingga pelayanan terpilih, hotel kelas ekonomi sampai dengan apartemen, dengan demikian para wisatawan Indonesia dapat menikmati jaringan hotel yang terbesar dan terlengkap. (*)