Home Headline Tiga Desa di Langkat Masih Terendam Banjir

Tiga Desa di Langkat Masih Terendam Banjir

473
0

Banjir Langkat

Langkat, 25/1 (BeritaJateng.net) – Tiga Desa di Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, masih terendam banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 cm.

“Banjir masih merendam tiga desa yang ada di Kecamatan Tanjungpura,” kata Camat Tanjungpura, Surianto di Tanjungpura, Langkat, Minggu.

Desa yang masih terendam banjir setinggi sekitar 50 cm itu adalah Desa Pekubuan, Desa Lalang dan Desa Pantai Cermin.

“Air belum juga surut di desa tersebut sehingga masih ada warga yang mengungsi karena pemukiman mereka terendam banjir,” katanya.

Warga yang mengungsi memang tidak menetap di lokasi pengungsian, namun mereka selalu ada, karena pada siang harinya mereka membersihkan rumah dan menjaga kediaman mereka dari hal yang tidak diinginkan.

“Masih terdapat 2.298 rumah warga yang terendam, dengan rincian 1.893 rumah di Desa Pekubuan, 205 rumah di Desa Lalang dan 200 rumah di Desa Pantai Cermin,” sambungnya.

Surianto juga menjelaskan bahwa hingga sekarang ini tanggul yang jebol belum juga diperbaiki, dan dikhawatirkan bila hujan turun, banjir akan kembali merendam pemukiman warga di desa lainnya.

Ia berharap tanggul ataupun benteng yang jebol dapat segera diperbaiki, agar warga tidak khawatir lagi bila hujan sewaktu-waktu turun.

Sementara itu Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Irwan Syahri menyebutkan ada beberapa desa yang banjirnya sudah surut, dan saat ini aktivitas warga sudah normal kembali.

Sementara itu di Kecamatan Batang Serangan, Kecamatan Wampu, Kecamatan Sawit Seberang dan Kecamatan Hinai, banjir sudah surut dan masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa.

Ia mengatakan aktivitas warga sudah kembali normal dan mereka sudah membersihkan rumah, perabotan karena terendam banjir.

“Hanya tingal di Kecamatan Tanjungpura saja ada desa yang masih terendam banjir, karena air belum juga surut,” sambungnya. (Ant/BJ)