Home Ekbis Tiba di Cepu Blora, Ganjar Didemo Warga Korban Limbah Pertamina

Tiba di Cepu Blora, Ganjar Didemo Warga Korban Limbah Pertamina

914
0
Tiba di Cepu Blora, Ganjar Didemo Warga Korban Limbah Pertamina
          BLORA, 29/12 (BeritaJateng.net) – Tidak hanya  di demo oleh jaringan masyarakat pegunungan kendeng (JMPPK) kedatangan gubernur Jawa tengah ke kabupaten Blora juga disambut aksi demontrasi oleh warga di kecamatan Cepu Kamis (28/12/2017). Mereka menolak pengiriman kondensat CPP Gundih yang mengandung uap BTX yang bersifat karsinogenik dari lokasi penampungan minyak mentah milik Pertamina EP assert 4 field Cepu yang selama ini dikeluhkan warga sekitar.
           Sontak, aksi itu menghentikan lalulintas di jalan Giyanti beberapa saat. Bentangan baner berisi keluhan dan penolakan terhadap limbah berjajar menyambut kehadiran orang nomor satu di Jawa Tengah itu.
         Adapun bunyi tulisan banner itu adalah, Pak Ganjar Pranowo… ‘tolong wargamu kurang lebih 4 tahun sudah kami disuguhi aroma H2S tanpa merasa bersalah, Tolak bak penampungan limbah B3 berada di tengah pemukiman, Tolak pengiriman kondensat CPP Gundih yang mengandung uap BTX yang bersifat karsinogenik, Stop industri Migas yang tidak berwawasan lingkungan, kemudian apa sangsi hukum bagi pengelolaan limbah yang mengabaikan aspek llindungan lingkungan?’.
         Melihat adanya aksi itu, Ganjar menyempatkan diri untuk melakukan dialog dengan warga tersebut sembari memberikan penjelasan hasil tinjauannya di penampungan limbah.
          Ganjar menghimbau masyarakat untuk tidak menggunakan cara-cara seperti itu.  Masyarakat diminta utuk tidak khawatir karena Pertamina telah melakukan langkah untuk menyelesaikan dan melakukan penutupan bak penampungan.
          “Pertamina telah melakukan pengurasan, sebagian bak penampungan sudah kosong”, ucapnya dihadapan puluhan warga.
           “Saya sudah melihat sendiri kontruksinya,” katanya. Semua pihak, menurut Ganjar, akan ikut mengawasi baik dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) termasuk masyarakat sendiri.
            Sementara, Heru Irianto, Field Manager Pertamina EP Assert 4 Field Cepu, juga menyatakan kesipannya untuk berkomunikasi dengan masyarakat.
           Untuk diketahui, dalam kunjunganya di MGS Menggung itu berdasarkan aspirasi masyarakat melalui akun jejaraing sosialnya. Yang mengeluhkan adanya bau tak sedap dari lokasi penampungan minyak tersebut.
(MN/El)