Home Lintas Jateng Tiap Tanggal 25 Ada Donor Darah Di RS Telogorejo

Tiap Tanggal 25 Ada Donor Darah Di RS Telogorejo

185
0
Donor darah
Donor darah
Donor darah

Semarang, 25/05 (BeritaJateng.net) – Rumah Sakit Telogorejo bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Jalan MGR Soegiyopranoto No. 31 Semarang mengadakan kegiatan donor darah.

Bertempat di lobby Gedung Amaryllis Rumah Sakit Telogorejo, kegiatan ini rutin diadakan setiap bulan tanggal 25. Peserta yang mendonorkan darah berasal dari semua lapisan masyarakat, karyawan Rumah Sakit Telogorejo dan sukarela.

Dokter Penanggungjawab donor darah, Dr. Gunarto Darmawan mengatakan, PMI menyediakan 50 kantong dalam satu tempat. Menurutnya, sedikitnya ada ada 39 pendonor yang telah menyumbangkan darahnya pada hari ini.

“Semua instansi baik Pemerintahan maupun Swasta ingin menyumbangkan darah untuk membantu sesama. Prosesnya melalui mengisi formulir pendaftaran, diperiksa tensi dan hemoglobinnya, usia minimal 17 tahun, tidak sedang minum obat selama 3 hari,” kata Dokter Penanggungjawab donor darah, Dr. Gunarto Darmawan.

Humas Badan Administrasi Palang Merah Indonesia (PMI) mengatakan, MF Eny Mulyani mengatakan, proses pendataan pasien meliputi data pasien yang sudah pernah donor darah, pendonor baru dan pendonor di tempat lain.

“Dimulai dengan pengecekan tensi, hemoglobin dan golongan darah. Data pasien yang sudah pernah donor darah di Rumah Sakit Telogorejo, otomatis akan terdaftar begitupun bila donor di PMI akan ada datanya. Syarat Hemoglobin (Hb) Hb kurang dari 12,5 dan lebih dari 17,5 tidak diambil darahnya. Tensi minimal 110/70 mg/dl dan berat badannya minimal 45 kg,” imbuhnya.

Salah satu pendonor, Haryanto (50) rutin mengikuti donor darah, setiap 3 bulan sekali. Mengetahui informasi donor darah dari surat kabar. “Harapannya setelah melakukan donor darah, melakukan hal yang bermanfaat untuk kemanusiaan,” paparnya. (Mg-1)