Home Hukum dan Kriminal Tiap Tahun Terjadi 600 Kasus Kecelakaan Lalin di Cilacap

Tiap Tahun Terjadi 600 Kasus Kecelakaan Lalin di Cilacap

162
0
          Cilacap, 5/12 (BeritaJateng.net) – Angka kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Cilacap masih terbilang cukup memprihatinkan. Dari data yang ada, dalam satu tahun setidaknya terjadi kecelakaan lalin antara 500 sampai 600 kasus.
            “Kalau dihitung rata-rata per bulan kasusnya sekitar 50 sampai 70 kasus kecelakaan lalu-lintas. Ini angka yang masih cukup tinggi dan membutuhkan perhatian dari semua pihak untuk ikut menekannya” tandas Waka Polres Cilacap Kompol Harry Ardianto didampingi Kasat Lantas AKP Arfan Zulkan Sipayung disela kegiatan Apel Komunitas Otomotif Cilacap pada rangkaian Car Free Night, Senin (4/12) malam.
            Selain Kepolisian, diantara pihak yang punya peranan dalam meminimalisir angka tersebut adalah kalangan komunitas kendaraan bermotor. “Makanya, kita adakan silaturahmi dengan para anggota komunitas dengan harapan, mereka bisa menjadi pelopor sekaligus duta keselamatan berlalu lintas di jalan raya,” katanya.
            Menurutnya, kegiatan kemarin adalah yang pertama kalinya digelar dan merupakan inovasi kreatif Polres Cilacap dalam kampanye keselamatan berlalu lintas. “Kami memberikan apresiasi kepada komunitas otomotif. Mereka juga kami harapkan bisa menyosialisasikan kepada kalangannya atau pengendara lain,” ujarnya.
            Kecelakan lalu lintas selalu diawali pelanggaran oleh pengguna kendaraan.  Sedangkan kondisi yang ada, tingkat pelanggaran masyarakat dalam berlalu lintas juga masih kategori memprihatinkan.
            Dalam kegiatan tersebut, 15 komunitas otomotif dikukuhkan dengan ditandai penyematan pin keselamatan berlalu lintas oleh Wakapolres. Mereka berasal dari Pajero Indonesia One, Honda Cielo Indonesia, Terios-Rush Club Indonesia, Kia Lover Community, Cilacap Pick-up Community, Toyota Kijang Super Club Indonesia, Panther Mania, Innova Community, Honda Brio Community, Toyota Yaris, City  Owner, dan Honda Jazz. (yit/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here