Home Lintas Jateng Tertarik Dengan PIP Kota Semarang, Pemkot Samarinda lakukan Studi Komperatif

Tertarik Dengan PIP Kota Semarang, Pemkot Samarinda lakukan Studi Komperatif

Pemkot Samarinda melakukan kunjungan ke Pusat Informasi Publik Pemkot Semarang sekaligus belajar dan melakukan studi komparatif
Pemkot Samarinda melakukan kunjungan ke Pusat Informasi Publik Pemkot Semarang sekaligus belajar dan melakukan studi komparatif
Pemkot Samarinda melakukan kunjungan ke Pusat Informasi Publik Pemkot Semarang sekaligus belajar dan melakukan studi komperatif.

Semarang, 7/10 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Samarinda melakukan kunjungan kerja ke kantor pemerintah kota (Pemkot) Semarang terkait dengan rencana penyelenggaraan pusat informasi pelayanan publik di Kota Samarinda.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Pemerintah Kota Semarang berbagi informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan berbasis pada teknologi, informasi, dan komunikasi untuk mendukung pengembangan e-government  yang telah berjalan selama ini.

Salah satu yang paling ditonjolkan dalam penyelenggaraan e-government Kota Semarang adalah dimilikinya Gedung Pusat Informasi Publik.

Kepala Bagian Organisasi Setkot Samarinda Siami Misnam mengatakan kunjungan kerja tersebut dilakukan salah satunya untuk melihat gedung PIP atau yang dikenal dengan PIN SEMAR.

“Pertama kami ingin melihat bagaimana gedung PIP, dan manfaatnya yang paling utama, kronologis terbentuknya, maksud dan tujuannya seperti apa, serta manfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Di sela-sela kunjungan tersebut Pemkot Semarang mengajak Pemkot Samarinda untuk melihat fasilitas-fasilitas yang dimiliki Gedung PIP.  Berbagai fasilitas gedung  seperti ruang internet, studio mini, free charging disediakan gratis untuk publik guna menyediakan ruang pencarian informasi dan pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat Semarang.

“Sudah seharusnya pemerintah melakukan pelayanan kepada publik secara maksimal, terbuka dan transparan sehingga pemerintah itu dapat menyatu dengan masyarakat,” tambah Siami.

Menurutnya, melalui adanya PIP dapat memberikan berbagai informasi seperti memudahkan masyarakat untuk mengakses data-data pemerintah dan fungsi fasilitasi dimana masyarakat dapat menggunakan fasilitas di gedung PIP dengan gratis.

Pemkot Samarinda juga mengagumi manajemen pengelolaan gedung  PIP Kota Semrang  yang sangat baik dan tak ragu mencari terobosan-terobasan baru untuk terus mengembangkan layanan publik bagi masyarakat. Selanjutnya, Pemkot Samarinda juga terinspirasi untuk membuat Gedung Pusat Informasi Publik serupa di Samarinda. (Bj05)