Home Headline Tersangka Kerusuhan Rutan Solo Kemungkinan Bertambah

Tersangka Kerusuhan Rutan Solo Kemungkinan Bertambah

719
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono
       Semarang, 17/1 (BeritaJateng.net) – Kepolisian Daerah Jawa Tengah menetapkan dua tersangka dalam kasus kerusuhan yang terjadi di Rutan Kelas I Solo, Kamis (10). Kedua tersangka ini ditangkap bersama delapan orang lainnya oleh tim gabungan Resmob Polda Jateng dan Polresta Solo, Sabtu (12/1)
        Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan dua orang yang ditetapkan sebagai tersangka merupakan bagian dari 10 orang yang diamankan pada Sabtu (12/1) di kawasan Pasar Klithikan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Penangkapan dibarengi sejumlah barang bukti senjata tajam dan soft gun.
        “Jadi kelompok masyarakat yang konvoi dan meresahkan masyarakat serta membawa tajam itu saat ini kasusnya sudah ditangani Polda. Ada 10 Orang yang kita amankan, dua di tetapkan sebagai tersangka, sedangkan lainnya sebagai saksi, ada kemungkinan jumlah status tersangka  bertambah”, ungkap Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono usai memimpin Upacara di Mapolda Jateng, Kamis (17/1).
        Kelompok itu juga kerap membawa senjata tajam saat menggelar konvoi. Saat terjadi kerusuhan di Rutan Solo, kelompok ini pula yang memancing agar keributan terjadi.
        “Kerusuhan di rutan Solo, kelompok ini juga terlihat ikut melakukan penyerangan ke arah rutan,” imbuhnya.
        Paska Kerusuhan rutan Solo, Aparat Kepolisian gabungan Polda Jawa Tengah dan Polresta Surakarta melakukan giat patroli di sekitar Kota Solo. Dalam Patroli Petugas gabungan mendapati sekelompok massa dengan senjata tajam bersiap melakukan aksi sweeping.
        Saat dihampiri petugas, kelompok ini justru mencoba menyerang petugas dengan senjata tajam hingga salah seorang petugas mengalami luka.  Dua orang terpaksa di lumpuhkan dengan tembakan di kaki dan mengamankan 10 orang yang ternyata ikut  terlibat dalam aksi kerusuhan Rutan Klas IA Solo.
        Penangkapan dilakukan aparat kepolisian di kawasan Pasar Klithikan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo. Awal mula penangkapan dilakukan setelah Petugas  gabungan mendapat informasi akan adanya sweeping yang dilakukan sekelompok orang terhadap Iwan Walet, napi yang terlibat kerusuhan, yang telah dinyatakan bebas dari penjara.
         Dari hasil penangkapan itu juga disita barang bukti antara lain, busur panah, anak panah, soft gun, belasan tongkat kayu, palu, sabit, belati, samurai, parang, batako, handphone. (Nh/El)