Home Headline Terpilihnya Zulkifli Hasan Buktikan PAN Inginkan Perubahan

Terpilihnya Zulkifli Hasan Buktikan PAN Inginkan Perubahan

307
0
Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan

Jakarta, 2/3 (BeritaJateng.net) – Pengamat politik dari PolcoMM Institute Heri Budianto menilai terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum PAN melalui voting menunjukan kader partai itu menginginkan adanya perubahan.

“Saya melihat dengan kemenangan ini karena internal PAN ingin perubahan,” kata Heri melalui pesan singkat di Jakarta, Senin.

Menurut dia, jargon yang dibawa Zulkifli Hasan untuk perubahan PAN mampu menarik simpati para pemilik suara. Kemenangan ini sekaligus menunjukkan kedigdayaan dan pengaruh tokoh utama PAN Amien Rais.

Amien Rais yang secara total menggalang dukungan untuk Zulkifli Hasan dinilai mampu menggoyahkan dukungan kepada Hatta Rajasa.

“Saya melihat Amien Rais memainkan total dukungan kepada Zulkifli Hasan, bahkan dalam pidatonya juga sempat ‘menyerang’ Hatta Rajasa,” ujar dia.

Heri memandang pemilihan Ketua Umum PAN ini sekaligus mengubah mekanisme aklamasi dengan pemungutan suara, di mana hal ini menunjukan bahwa PAN kian dewasa dalam membangun demokrasi internal.

“Terpilihnya Zulkifli Hasan juga mempertahankan tradisi Ketua Umum PAN tetap dipegang satu periode,” kata dia.

Pada Minggu (1/3) malam Zulkifli Hasan terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 2015-2020 mengalahkan calon petahana Hatta Rajasa dalam Kongres IV PAN di Nusa Dua, Bali.

Dalam penghitungan suara yang dilangsungkan di Nusa Dua, Bali, Zulkifli Hasan mendapat 292 suara. Sementara pesaingnya Hatta Rajasa mendapat 286 suara.

Total suara yang diperebutkan oleh kedua kandidat sebanyak 582 suara, dengan 4 surat di antaranya rusak dan abstain. (abt/BJ)