Home Headline Teror Bom Di Crowne Hotel Semarang 

Teror Bom Di Crowne Hotel Semarang 

837
Tim Penjinak Bahan Peledak Polda Jateng Temukan Tas Berisi Bom
***Tim Penjinak Bahan Peledak Polda Jateng Temukan Tas Berisi Bom
        Semarang, 28/2 (BeritaJateng.net) – Anggota dari tim penjinak bahan peledak (Jihandak) dari Gegana Brimob Polda Jateng, Rabu (28/2)  pagi mendatangi Hotel Crowne Plaza jalan Pemuda Kota Semarang, setelah mendapat laporan adanya ancaman bom.
        Adanya temuan tersebut Petugas jibom dengan pakaian anti bomnya kemudian mendeteksi isi tas. Sementara situasi ini membuat sejumlah karyawan hotel langsung berhabur keluar gedung.
        Setelah dipastikan isi tas adalah bom berdaya ledak rendah, petugas kemudian mengevakuasi tas tersebut. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan tali untuk menarik tas yang kemudian dimasukan ke dalam bom basket. Setelah berhasil dievakusi, petugas kemudian meledakan tas di dalam bom basket.
Tim Penjinak Bahan Peledak Polda Jateng Temukan Tas Berisi Bom

Adanya temuan tersebut, petugas jibom dengan pakaian anti bomnya kemudian mendeteksi isi tas. Sementara situasi ini membuat sejumlah karyawan hotel langsung berhabur keluar gedung.

       Ini adalah bagian simulasi yang dilakukan petugas gegana brimoda polda jeteng. Menurut Kasubden Dua Jibom Detasemen Gegana Brimobda Polda Jateng, Kompol Madqundori,  simulasi ini dibuat senyata mungkin
        “Untuk anggotanya juga tidak semua mengetahui jika ini hanya sebuah simulasi latihan termasuk karyawan Hotel, dan yang tahu chif sekurity dan hanya beberapa orang yang tahu, Dari tim kami ini merupakan kesiapan agar selalu terjaga, juga pihak hotel. Kegiatan ini bertujuan dengan kesiapan tantangan tugas masyarakat menjadi aman,”  ujarnya.
         Sementara itu Manajer Keselamatan dan Risiko Crowne Plaza Semarang, Sunarto mengatakan sempat ada kepanikan dar tamu hotel, namun semua terkendali setelah karyawan menjelaskan adanya simulasi penjinakan bom oleh Tim Jihandak Polda Jateng.
Tim Penjinak Bahan Peledak Polda Jateng Temukan Tas Berisi Bom

“Disaat kegiatan sempat ada tamu yang baru datang menanyakan kita menjelaskan ini hanya simulasi tamu jadi mengerti. Dari kegiatan simulasi ini tentunya menjadi  bonafit sangat besar bagi karyawan dan tamu jadi mengerti adanya ancaman bom, dengan simulasi ini melatih kesigapan para karyawan hotel,” katanya.

        Selain melatih kesigapan petugas gegana, dengan kegiatan simulasi ini juga diharapkan membuat pihak hotel dapat melakukan hal yang prosedural jika terjadi ancaman teror bom. (Nh/El)