Home News Update Ternate Miliki Gangguan Jiwa Terbanyak

Ternate Miliki Gangguan Jiwa Terbanyak

image
Ilustrasi

Ternate, 11/1 (BeritaJateng.net) – Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), merupakan salah satu daerah di Provinsi Malut yang memiliki penderita gangguan jiwa terbanyak di daerah itu, sehingga dibutuhkan adanya Rumah Sakit Jiwa (RSJ).

Kota Ternate merupakan daerah yang paling banyak bermukim penderita gangguan jiwa yakni mencapai 270 orang, sebagian diantaranya merupakan korban konflik sosial di Malut beberapa tahun silam, kata Kepala Dinas Kesehatan Malut, Idhar Sidi Umar di Ternate, Sabtu.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, Pemprov Malut meminta dukungan pemerintah pusat untuk pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Daerah ini hingga kini belum memiliki RSJ “Membangun RSJ membutuhkan dana besar, baik untuk penyediaan infrastruktur maupun tenaga medisnya, sehingga Malut tidak mungkin bisa membangunnya sendiri tanpa dukungan pemerintah pusat,” katanya.

Menurutnya, Pemprov telah mengusulkan pembangunan RSJ itu, baik melalui Kementerian Kesehatan maupun tim Komisi VIII DPR RI saat berkunjung ke Malut beberapa waktu lalu, termasuk melalui anggota DPR RI dan DPD RI asal Malut, namun sejauh ini belum ada kepastiannya.

Ia mengatakan belum adanya RSJ di Malut mengakibatkan penangganan penderita gangguan jiwa di daerah ini belum bisa dilakukan secara maksimal, bahkan tidak sedikit penderita gangguan jiwa yang terpaksa berkeliaran di jalan.

Selain itu, tidak sedikit pula penderita gangguan jiwa yang terpaksa dipasung oleh keluarganya karena kalau dibiarkan berkeliaran bisa mengancam keselamatan orang lain, seperti yang dilakukan terhadap seorang penderita gangguan jiwa di Pulau Hiri, Kota Ternate yang dipasung selama 22 tahun.

Menurut dia, kalau di Malut ada RSJ maka dipastikan tidak akan ada penderita gangguan jiwa yang berkeliaran di jalan atau dipasung, karena semuanya bisa dirawat di RSJ sampai sembuh, seperti yang dilakukan di provinsi lain yang telah memiliki RSJ. (Ant/BJ)