Home Headline Terlibat Money Politik, Beberapa Anggota KPPS Dicopot

Terlibat Money Politik, Beberapa Anggota KPPS Dicopot

Semarang, 8/12 (BeritaJateng.net) – Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) kota Semarang semakin panas, sejumlah orang dan oknum anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang diduga melakukan tindakan money politik mulai tertangkap dan menjalani proses pencopotan dari anggota KPPS.

Seperti yang terjadi di Semarang Utara, oknum KPPS yang ketahuan membagikan undangan yang disertai dengan sejumlah uang kepada daftar peserta pemilukada langsung dicopot dari anggota KPPS dan diganti yang baru.

Hal ini disampaikan Muhammad Amin Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kota Semarang melalui phone.

“Ada oknum KPPS dan dua relawan yang diamankan Panwas beserta barang bukti,” ujar Amin.

Menurutnya, dugaan money politik yang melibatkan oknum KPPS dan relawan tersebut dilakukan di beberapa wilayah seperti di Semarang Utara, Bandarharjo, Tanjung Mas, Pedurungan kidul, Candisari dan Banyumanik.

“Oknum KPPS yang diduga melakukan money politik di Semarang Utara dengan membagikan surat undangan memilih disertai sejumlah uang langsung dicopot dan sudah di ganti KPU. Di Bandarharjo, Tanjung Mas masih dalam proses meminta keterangan. Itu pun dilakukan oleh relawan begitu pula dengan di Pedurungan Kidul KPPS dalam proses klarifikasi,” ujarnya.

Amin menambahkan, oknum KPPS dan relawan yang tertangkap berjumlah empat orang.

“Masih kami identifikasi terlapor dan pelapornya serta barang hukti. Kami masih gunakan asas praduga tak bersalah dulu,” imbuh Amin.

Diduga masih banyak oknum yang menggunakan politik money untuk memenangkan suara.

“Kami juga masih mencari oknum yang membagikan uang. Kalau yang KPPS itu membagikan surat undangan disertai dengan uang. Kalau yang bandarharjo dan pedurungan itu relawan yang membagikan uang. Sementara barang bukti kami amankan dulu, dan Panwas tetap bersiaga apabila ada laporan lagi,” tuturnya.

Saat didesak relawan paslon mana yang melakukan kecurangan, Amin menegaskan masih mengkaji dan melakukan pemeriksaan.

Tertangkap Tangan

Sore tadi, warga RT 9 RW 6 Kelurahan Tanjung Mas Semarang mengamankan pelaku money politik tertangkap tangan membagikan uang ke masyarakat dan menyuruh masyarakat untuk memilih pasangan nomor 3.

“Membagikan uang Rp 30 ribu dan menyuruh untuk memilih nomor 3,” ujar warga yang mengaku bernama Bambang Tris.

Menurut Bambang, dalam tangkap tangan tersebut, warga juga mengamankan uang yang disimpan dalam plastik, pelaku yang berinisial JM itu mengaku relawan.

“Uangnya satu plastik kresek, kita menyerahkan barang bukti dan pelaku ke panwas Kota Semarang,” ujarnya. (Bj)