Home Headline Terkendala Tes Antibodi, Hendi Tak Jadi Divaksin Covid-19

Terkendala Tes Antibodi, Hendi Tak Jadi Divaksin Covid-19

179
Presskonferen vaksinasi Covid-19 di Semarang

Semarang, 14/1 (BeritaJateng.net) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berhalangan untuk dilakukan vaksinasi Covid-19. Hal tersebut lantaran terkendala tes antibodi SARS Covid-19.

Seperti yang diketahui, Wali Kota Semarang merupakan penyintas Covid-19. Dua bulan yang lalu, tepatnya hasil uji spesimen Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang menunjukan positif Covid-19 pada Minggu, 1 November 2020 lalu.

Pasalnya, berdasarkan keterangan yang ia terima dari dokter, seseorang yang pernah terpapar Covid-19 harus dicek terlebih dahulu antibodi SARS COVID sebelum diberi vaksin.

Apabila di bawah 1/160, bisa diberi vaksin karena antibodinya sudah turun. Sebaliknya, tidak perlu divaksin apabila antibodi masih tinggi.

“Saya termasuk penyintas Covid-19. Kemarin kami sudah koordinasi dengan dokter yang menangani saya saat menderita Covid-19 dan dianjurkan untuk tes darah. Tadi malam hasil tes darah titer antibodi tersebut ternyata mencapai 1/320 ini sangat jauh diatas angka normal artinya imun antibodi saya masih sangat kuat,” ujar Hendi.

Menurut dokter, sambung Hendi, antibodi ini kan fluktuatif, nanti pada saat antibodi dalam tubuh Hendi turun dan tidak bisa mendonorkan plasma maka akan ia dapat dilakukan vaksinasi Covid-19. “Hari ini bukan menjadi prioritas saya untuk di vaksin. Malah saya lebih ingin mendonorkan darah,” imbuhnya.

Sehingga dalam kesempatan ini, lanjut Hendi, supaya lebih tepat sasaran. Vaksin diserahkan kepada Wakil Wali Kota Semarang, sebagai bagian pesan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman.

Sebelumnya, dijadwalkan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi untuk masuk dalam daftar sepuluh tokoh yang akan dilakukan vaksinasi perdana di Kota Lunpia, Kamis (14/1/2021) hari ini.

Sebelum mengikuti vaksinasi, mereka tekah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang, Rabu (13/1) kemarin. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =