Home Headline Terkait Varian Baru Covid-19, Dinkes Imbau Masyarakat Disiplin Prokes

Terkait Varian Baru Covid-19, Dinkes Imbau Masyarakat Disiplin Prokes

Semarang, 4/3 (BeritaJateng.net) – Varian baru virus corona B117 yang berasal dari Inggris, yang masuk ke Indonesia tepatnya di daerah Karawang Jawa Barat, diharapkan tidak memunculkan kekhawatiran berlebih dari masyarakat Kota Semarang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Muhammad Abdul Hakam mengatakan varian virus baru ini memang lebih cepat menularkan dibandingkan virus sebelumnya, bahkan penderitanya banyak yang dirawat di rumah sakit.

Hingga saat ini, pihaknya belum menemukan kasus virus corona B117 di Kota Semarang, dan berharapnya agar kasus varian baru itu tidak ditemukan di Kota Semarang.

“Jadi tidak usah khawatir, dengan vaksin sinovac insyaallah masih mampu melawan B117. Kalau tertib 5M, tidak usah khawatir. Apalagi kalau pakai masker dobel, tidak bisa tembus,” Papar Hakam, Kamis (4/3/2021).

Guna menghindari penularan, dia meminta masyarakat tetap tertib 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Hakam menyebutkan, tidak ada perbedaan signifkan antara Covid-19 dan varian baru Corona B117. Menurutnya, orang yang terpapar B117 memiliki gejala yang sama seperti Covid-19, antara lain batuk, pilek, dan demam.

Pemerintah Kota Semarang hingga saat ini, terus berupaya menekan angka kasus Covid-19, termasuk berupaya tidak terjadi kasus baru varian B117.

Upaya tersebut dengan menggencarkan vaksinasi terhadap lansia dan pelayan publik di atas usia 50 tahun. Dua sasar itu lebih diutamakan agar tidak rentan terjadi penularan. Karena menurutnya virus varian baru ini juga akan mati dengan vaksinasi. (El)